Tamu World Habitat Day Bisa Swab Gratis di Bandara Juanda

Senin, 05 Oktober 2020 - 07:56 WIB
loading...
Tamu World Habitat Day Bisa Swab Gratis di Bandara Juanda
Swab gratis disediakan di Bandara Juanda bagi tamu luar negeri yang ikut perayaan global Hari Habitat Dunia (World Habitat Day). Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Perayaan global Hari Habitat Dunia (World Habitat Day) akan dimulai malam nanti, Senin (5/10/2020). Beberapa tamu dari berbagai negara mulai berdatangan ke Kota Pahlawan. Untuk menjaga penularan COVID-19, Pemkot Surabaya menyediakan swab gratis di Bandara Juanda bagi tamu luar negeri.

Beberapa tamu dai luar negeri yang mulai berdatangan adalah Mr. Armando Gonzalo Alvarez Reina, Duta Besar Meksiko untuk Indonesia; dan Mr. Juan Camilo Valencia Gonzalez, Duta Besar Kolombia untuk Indonesia. (Baca juga: Hingga September 2020 Kasus Perdagangan Orang di Kepri Melonjak )

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara menuturkan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya , telah menyediakan fasilitas swab gratis di Bandara Juanda untuk tamu acara World Habitat Day yang baru tiba di Kota Pahlawan. "Jadi setelah turun dari pesawat mereka langsung dilakukan tes swab di bandara yang telah disiapkan Pemkot Surabaya ," kata Febri.

Ia melanjutkan, karena masih di masa pandemi COVID-19, tentunya jumlah tamu yang hadir untuk mengikuti rangkaian acara Hari Habitat Dunia dibatasi. Selain itu pula mereka juga wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan jaga jarak.

(Baca juga: Pemerkosa Anak Tiri yang Kabur Dari Tahanan Ditembak di Pali )

Febri menambahkan, fasilitas swab gratis di Bandara Juanda yang disiapkan untuk tamu undangan ini merupakan inisiatif dari Pemkot Surabaya. Baik itu untuk tamu yang berasal luar kota ataupun mancanegara. Sehingga sebelum mengikuti rangkaian acara, mereka dapat dipastikan bebas dari COVID-19.

"Jadi itu inisiatifnya Pemkot Surabaya untuk tamu yang datang dari luar kota atau luar negeri. Setelah menjalani swab mereka kemudian tinggal di hotel sembari menunggu hasil swab keluar," jelasnya. (Baca juga: Bawa Sabu 2 Kg, Pelaku Dibekuk Satreskoba Polrestabes Medan )

Sebagai informasi, Kota Surabaya telah dinobatkan menjadi tuan rumah perayaan global Hari Habitat Dunia (World Habitat Day). Acara internasional yang selalu digelar tiap hari Senin pertama di Bulan Oktober ini bekerja sama dengan UN-Habitat, badan PBB yang bergerak di bidang pemukiman dan pembangunan kota berkelanjutan.

(Baca juga: Bareskrim Polri Gerebek Pembobol Rekening Asal OKI )

Nantinya acara perayaan Hari Habitat Dunia itu akan dibuka di halaman Balai Kota Surabaya malam nanti. Saat acara itu, akan ada panggung penampilan parade seni, pemberian penghargaan kepada lima pemenang UN-Habitat Scroll of Honour yang berasal dari Uganda, Malaysia, Nepal, Kolombia, dan Meksiko. Namun, karena ada beberapa kendala di tengah pandemi ini, yang hadir ke Surabaya hanya dua orang pemenang.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5633 seconds (0.1#10.140)