Tingkatkan Imunitas, Warga Rungkut Dilatih Racik Obat Herbal

Minggu, 04 Oktober 2020 - 03:16 WIB
loading...
Tingkatkan Imunitas, Warga Rungkut Dilatih Racik Obat Herbal
Warga belajar membuat minuman herbal di Rungkut Lor Surabaya, Sabtu (3/10/2020). Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Puluhan warga yang tinggal dipemukiman padat penduduk di kawasan Rungkut Lor III, Kota Surabaya, diajak belajar bersama meracik minuman herbal untuk menjaga imunitas. (Baca juga: Miris, 3 Wanita Tewas Dilindas Truk Pengangkut Kelapa )

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Ubaya For Indonesia Tematik COVID-19 berjudul "Pembuatan Minuman Fungsional dari Herbal Indonesia Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Mencegah Penularan COVID-19".

Pelatihan pembuatan minuman fungsional dari herbal Indonesia merupakan wujud kepedulian Ubaya kepada warga sekitar kampus dalam menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi COVID-19. Gerakan aksi nyata cegah COVID-19 ini digawangi oleh tim PPM yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Ubaya.

Tim PPM Ubaya yang terlibat diantaranya Alfian Hendra Krisnawan, Fawandi Fuad Alkindi, Darmawan Muttaqin, Eko Setyo Wahyudi, dan tujuh orang mahasiswa Program Studi Farmasi Ubaya. (Baca juga: Tersedak Ikan, Paus Pilot Sepanjang 4,3 Meter Tewas )

Ketua Tim Pengusul PPM Ubaya, Alfian Hendra Krisnawan menyampaikan, jika pemilihan RW 6 Rungkut Lor III merupakan salah satu lokasi yang termasuk dalam wilayah zona merah penyebaran COVID-19 di Surabaya. Selain itu, faktor penyebaran COVID-19 di daerah Rungkut berpotensi cukup besar karena tergolong wilayah dengan pemukiman padat penduduk.

"Untuk mecegah terjadinya penularan, masyarakat dirasa perlu mengkonsumsi suplemen yang dapat meningkatkan imunitas tubuh mereka. Namun selama pandemi, sering kali terjadi kelangkaan stok karena tingginya permintaan suplemen di apotek. Sebetulnya kelangkaan itu bisa diatasi dengan mengonsumsi olahan herbal yang lebih mudah didapat," katanya.

Alfian, sapaan akrab Dosen Program Studi Farmasi Ubaya ini menjelaskan, bahan herbal seperti jahe, kencur, temulawak, kunyit, kayu manis, jinten hitam, serai, kapulaga, cengkeh, dan kelor bisa didapatkan dengan mudah di pasar tradisional seperti Pasar Soponyono yang dekat dengan Rungkut.

Tingkatkan Imunitas, Warga Rungkut Dilatih Racik Obat Herbal


Menurutnya, olahan minuman dari bahan herbal bisa menjadi alternatif pengganti suplemen bagi warga Rungkut. Pelatihan ini juga disertai pemaparan terkait kegunaan, pengolahan dan khasiat dari bahan herbal yang digunakan. (Baca juga: Umat Konghucu Gelar Sembahyang Zhong Qiu di Depan Pintu Tergembok )

"Dengan adanya pemberian informasi mengenai herbal , pemberian produk dan cara pengolahan menjadi minuman fungsional yang siap dikonsumsi maka hal ini dapat membantu warga Rungkut Lor untuk mencegah atau menekan penyebaran COVID-19 di daerahnya. Ada lima macam bahan utama herbal yang kami gunakan yaitu jahe, kunyit, temulawak, kunir asem, dan kunci soro. Masing-masing dibuat menjadi dua jenis minuman yaitu minuman segar dan minuman instan (bubuk)," ungkap Alfian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)