Pengawasan Orang Asing di Talaud Diperketat, Ini yang Dilakukan Imigrasi

loading...
Pengawasan Orang Asing di Talaud Diperketat, Ini yang Dilakukan Imigrasi
Rapat Timpora di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud khususnya pada masa pandemi COVID-19. Foto/Ist
MELONGUANE - Pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing khususnya di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud makin ditingkatkan terutama kontribusi nyata mereka dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna, James S. J. Sembel menyatakan untuk maksimalisasi pengawasan, Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tetap melakukan koordinasi agar dapat meningkatkan sinergitas dan soliditas antar instansi dalam pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing khususnya di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Tentunya kami berharap agar pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing melalui Timpora dapat terus dilaksanakan dengan koordinasi dan kerjasama yang baik. Sinergitas yang selama ini telah terjalin kiranya dapat terus ditingkatkan, dengan peran aktif masing-masing instansi dalam pengawasan orang asing sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya," Kata James saat rapat Timpora tingkat Kabupaten Kepulauan Talaud di Aula Penginapan Kanaan Melonguane, Kamis (01/10/2020).

Menurut James, pengawasan terkait keberadaan dan kegiatan orang asing tentunya tidak hanya dimaksudkan berkaitan dengan potensi kerawanan pelanggaran hukum, akan tetapi juga sekaligus sebagai bentuk perlindungan hukum atas hak-hak orang asing untuk tinggal dan berkegiatan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.



"Terlebih dalam masa pandemi global COVID-19 yang telah menciptakan sebuah tatanan kebiasan baru, termasuk salah satunya terkait lalu lintas orang keluar masuk wilayah negara, terlebih Talaud berbatasan langsung dengan Filipin," tegasnya. (Baca juga: Gerakan Sulut Sejuta Masker Dilakukan Secara Masif dan Serentak)

Rapat yang menerapkan protokol kesehatan tersebut dibuka Bupati Talaud Elly E. Lasut dan diikuti oleh anggota Timpora baik instansi vertikal, pemerintah daerah, TNI dan Polri di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud. (Baca juga: Kapolda Sulut Sosialisasi Tata Cara Penggunaan Jalan Tol Manado-Bitung)

Bupati Kepulauan Talaud menyampaikan apresiasinya terkait penyelenggaraan kegiatan Timpora.
"Saya mengharapkan agar kantor imigrasi dapat hadir di Talaud guna memberikan pelayanan keimigrasian dan tentunya terkait pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing." katanya.
(boy)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top