Rudy Djamaluddin: Pancasila Menyatukan Kita Menghadapi Pandemi

Kamis, 01 Oktober 2020 - 12:49 WIB
loading...
Rudy Djamaluddin: Pancasila Menyatukan Kita Menghadapi Pandemi
Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin saat mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara daring. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin menegaskan, Pancasila wajib untuk dipertahankan sebagai ideologi bangsa Indonesia karena telah terbukti berhasil menyatukan seluruh perbedaan di tengah masyarakat Indonesia.

Hal itu di sampaikan Rudy usai mengikuti upacara peringatan Kesaktian Pancasila secara daring yang di pimpin oleh Presiden RI Joko Widodo, di Baruga Anging Mamiri, Kamis (1/10/2020).



“Pancasila itu merupakan rumusan dari pendiri bangsa kita yang sudah final. Itu harga mati untuk kita pertahankan,” ujarnya.

Menurutnya, momentum peringatan hari kesaktian Pancasila adalah ruang untuk memperkuat spirit Pancasila di hati nurani bangsa indoensia.

“Pancasila itu spirit kita dalam menggerakkan pembangunan yang berkeadilan. Termasuk di era pandemi saat ini. Kesaktian Pancasila harus kita gelorakan dalam memenangkan pertarungan menghadapi pandemi COVID-19, khususnya untuk menyatukan persaudaraan dalam gerak bersama menerapkan protokol kesehatan,” lanjutnya.

Selain Rudy , dalam upacara daring tersebut terlihat hadir Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Sosial Kota Makassar, Sittiara, serta Kadis Perhubungan, Mario Said.

Sementara itu di waktu yang sama, Presiden RI Joko Widodo Bertindak selaku inspektur peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Adapun teks Pancasila dibacakan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, teks Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 dibacakan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.



Sementara Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani Ikrar. Sedangkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy membacakan doa.

“Momentum kesaktian Pancasila membulatkan tekad kita untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila di segala bidang. Pancasila adalah sumber kekuatan menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan negara kesatuan RI,” tegas Puan Maharani.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)