Ada Cath Lab di Siloam Hospitals Jambi untuk Layanan Jantung dan Pembuluh Darah

Minggu, 27 September 2020 - 22:00 WIB
loading...
Ada Cath Lab di Siloam Hospitals Jambi untuk Layanan Jantung dan Pembuluh Darah
Upaya peningkatan layanan kesehatan senantiasa dilakukan Siloam Hospitals Jambi, termasuk layanan kesehatan jantung dan pembuluh darah melalui pengadaan dan pengoperasian melalui alat Cath Lab. (Foto/Ist)
A A A
JAMBI - Upaya peningkatan layanan kesehatan senantiasa dilakukan Siloam Hospitals Jambi , termasuk layanan kesehatan jantung dan pembuluh darah melalui pengadaan dan pengoperasian melalui alat Cath Lab.

Diketahui rumah sakit ini adalah, sebagai rumah sakit swasta pertama yang menyediakan alat Cath Lab guna pelayanan peningkatan kualitas layanan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

CEO RS Siloam Jambi, Andry Sjamsu, EMBA, MARS, MM mengatakan, pengadaan alat Cath Lab di Siloam Hospitals Jambi merupakan upaya pihaknya untuk peningkatan layanan khususnya di Kota Jambi.

Sebelumnya, melalui Cath Lab ini, rumah sakit Siloam Jambi telah berhasil menangani lima pasien untuk tindakan kateterisasi jantung dan pemasangan stent koroner. (BACA JUGA: Awas! 5 Hal Mengejutkan Ini Bisa Picu Serangan Jantung)

"Karena adanya Pandemi, kegiatan peresmian baru dapat kami lakukan saat ini. Harapan kami, melalui alat Cath Lab ini, kualitas kesehatan bagi pasien di Jambi semakin membaik," katanya Sabtu (26/09/2020) di Jambi.

Dalam kegiatan peresmian operasional Cath lab, Wakil Wali Kota Jambi, Dr.dr.H.Maulana, MKM menyambut baik upaya Siloam Hospitals Jambi guna peningkatan pelayanan kesehatan khususnya kualitas layanan katerisasi jantung.

"Kami menyambut baik berbagai upaya peningkatan layanan kesehatan yang dilakukan manajemen Siloam Hospitals Jambi. Dengan adanya peningkatan layanan ini, tumbuh kembali harapan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di kota Jambi. Semoga hal ini dapat memacu pihak lain guna meningkatkan layanan yang dibutuhkan masyarakat," sebutnya.

Cath lab atau kateterisasi jantung dan angiografi merupakan prosedur/tindakan pada lingkup kardiologi diagnostic invasive. Metodenya menggunakan sinar-X untuk menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh.

Misalnya, jantung untuk melihat adanya pontesi sejumlah penyakit, sumbatan, penyempitan, ataupun pelebaran pada organ pembuluh darah dari pasien.
Alat yang digunakan dalam cath lab dapat menghasilkan gambaran pembuluh darah secara rinci.

Tindakan layanan melalui alat Cath Lab sangat membantu kinerja dokter spesialis secara akurat dalam penanganan operasi atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA). (BACA JUGA: Deteksi Kanker Prostat dengan Teknologi Robotik)

Secara umum Cath Lab digunakan untuk prosedur jantung, seperti angiografi koroner dan pemasangan stent. Di samping itu, cath lab juga bisa dimanfaatkan oleh bidang lain seperti radiologi intervensi, bedah saraf, bedah tulang, dan lain-lain.

Cath Lab yang dimiliki Siloam Hospitals Jambi merupakan alat yang berasal dari Phillips Allura Xper FD20 dengan spesifikasi untuk semua spektrum tindakan intervensional jantung dan pembuluh darah. Fungsi alat tersebut dapat digunakan untuk beberapa jenis, yaitu kateterisasi jantung, kateterisasi pembuluh darah serta interventional pain management.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)