Kebut Penanganan COVID-19, Jateng Perkuat Tiga Laboratorium

Jum'at, 25 September 2020 - 06:22 WIB
loading...
Kebut Penanganan COVID-19, Jateng Perkuat Tiga Laboratorium
Dinkes Jateng, akan memperkuat tiga laboratorium sebagai pengoptimalan penanganan COVID-19. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SEMARANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah, akan memperkuat tiga laboratorium sebagai pengoptimalan penanganan COVID-19 . Ketiga laboratorium itu meliputi Badan Laboratorium Kesehatan Provinsi di Semarang, Labpratorium RSUD Moewardi Solo, dan Laboratorium RSUD Margono Banyumas.

(Baca juga: Janda Cantik Tewas Digorok, Ternyata Karena Cemburu dan WIL )

Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo mengatakan, ketiga lab tersebut berperan sangat penting sebagai penunjang selain rumah sakit dalam menangani pasien COVID-19 . "Kita memperkuat lab kita. Terutama sedang kami perkuat betul adalah SDM-nya, lalu alat-alatnya, lalu kecukupan reagennya," kata Yulianto, Kamis (24/9/2020).

Pihaknya juga sudah membeli alat-alat yang dibutuhkan tersebut untuk ditempatkan di tiga lab itu. Ia menuturkan ketiga lab akan diperkuat oleh SDM yang mumpuni di bagian teknologi laboratorium medik, dengan jumlahnya sekitar 35 orang.

"Mereka akan bekerja mulai minggu ini. Bahkan keberadaan SDM itu membuat pelayanan lab akan bekerja 24 jam selama sepekan penuh," ujarnya. (Baca juga: Selama Pandemi COVID-19 Kasus Kekerasan Anak Melonjak )

Ketiga lab tersebut untuk mendukung kegiatan 16 lab lain yang sudah ada di seluruh Jateng. Dengan demikian, Yulianto menyimpulkan jika kemampuan lab yang ada sudah sangat mampu mengcover penangan COVID-19 Jateng. "Dengan kapasitas yang tinggi berpengaruh pada kecepatan," imbuhnya.

Keberadaan tiga lab yang bekerja tanpa libur itu juga untuk mempercepat keluarnya hasil. Yang mana misalnya pemeriksaan dilakukan Sabtu, dan hasilnya baru keluar Senin. Kali ini tidak akan lagi terulang. "Kalau sampel dikirim sebelum jam 12 siang, maka hari itu hasilnya bisa didapat," terang dia.

(Baca juga: Faskes Darurat COVID-19 Sleman di Asrama Haji Hampir Penuh )

Dia juga membeberkan alasan tiga lab yang tersebar itu untuk mengcover wilayah sekitar. Seperti lab yang di Kota Semarang untuk mengcover Jateng bagian utara, lab di Solo untuk mengcover Jateng bagian selatan, dan lab di RS Margono untuk mengcover Jateng bagian barat. "Sehingga nanti secara keseluruhan di Jateng kemampuannya bisa 8 ribu-9 ribu tes per hari. Moga-moga Senin (28/9/2020) sudah bisa 8 ribu-9 ribu," harapnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3574 seconds (0.1#10.140)