Tebar Pesona 2 Pesohor di Pilkada Kabupaten Bandung, Siapa Kuat?

loading...
Tebar Pesona 2 Pesohor di Pilkada Kabupaten Bandung, Siapa Kuat?
Pilkada Kabupaten Bandung menghangat dengan kehadiran 2 pesohor, Atep Rizal dan Syahrul Gunawan yang terjun ke arena politik praktis sebagai calon wakil bupati. Foto/Ist
BANDUNG - Atmosfer politik menjelang Pilkada Kabupaten Bandung semakin menghangat dan mengundang sorotan publik dengan kehadiran 2 pesohor yang akan berlaga. Kedua pesohor itu adalah Atep Rizal dan Syahrul Gunawan yang terjun ke arena politik praktis sebagai calon wakil bupati Bandung.

Syahrul Gunawan selama ini dikenal sebagai bintang sinetron papan atas, sedangkan Atep Rizal pemain sepak bola legendaris yang juga mantan pemain Persib Bandung. (Baca juga: 5 Jalan di Bandung Buka Tutup 2 Jam Sekali Mulai Hari Ini, Ada Apa?)

Kedua pesohor itu dinilai memiliki pesona yang kuat bagi masyarakat Kabupaten Bandung sebagai calon pemilih karena keduanya telah dikenal luas, jauh sebelum mereka terjun langsung ke gelanggang politik praktis. (Baca juga: Gelombang Kedua COVID-19 Mulai Melanda Kota Tasikmalaya)

"Ini menunjukkan ketelitian dan kecerdasan partai politik pengusung dalam membaca iklim politik di daerah yang cenderung celebritis minded," ujar pegiat komunikasi media dari Jelajah Parahyangan Institute, Cecep Zafar Sofyan di Bandung, Jumat (18/9/2020).



Lebih lanjut Cecep mengatakan, saat ini, percakapan publik dengan pola komunikasi realtime nampak secara dinamis terkonstruksi kepada titik dua figur ini. "Syahrul memiliki daya hipnotis yang dramatik karena pengalaman akting sebagai aktor film/sinetron, sedangkan Atep punya daya magis yang heroik karena kelihaian dalam menggocek bola dan menjebol gawang lawan," tutur pengajar di salah satu kampus di Bandung ini.

Namun, Cecep menggarisbawahi bahwa dalam konteks komunikasi massa, sosok Atep akan diuntungkan oleh aspek kedekatan psikologis individu para Bobotoh, pendukung setia Persib Bandung yang sudah melekat pada dirinya. "Ini realitas sosial, tidak semata politik simbolik. Memang ini menguntungkan sekaligus tantangan berat bagi Atep," tandas Cecep.

Diketahui, tiga pasangan calon kepala daarah bupati telah mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Bandung sebagai calon bupati dan wakil bupati Bandung, beberapa waktu lalu.



Pertama, Dadang Supriatna yang berpasangan dengan Syahrul Gunawan. Pasangan ini diusung oleh PKB, Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS.

Kedua, Yena Ma’sum dan Atep Rizal yang diusung PDIP dan PAN serta didukung PSI. Terakhir, Nia Kurnia-Usman Sayogi yang diusung oleh Partai Golkar dan Partai Gerindra dan didukung PPP dan PBB
(shf)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top