Mantan Atlet Sepeda Umur 79 Tahun Gowes Surabaya-Jakarta 1.100 KM

Jum'at, 18 September 2020 - 13:42 WIB
loading...
Mantan Atlet Sepeda Umur 79 Tahun Gowes Surabaya-Jakarta 1.100 KM
Mantan atlet sepeda nasional, Tarwi.Foto/Inews/Hari Tambayong
A A A
SURABAYA - Usia boleh tua, namun semangatnya tak kalah dengan yang muda. Itulah Tarwi, veteran atlet sepeda nasional dari Surabaya, Jawa Timur. Di usianya yang sudah 79 tahun, Tarwi gowes rute Surabaya-Jakarta dengan jarak tempuh 1.100 kilometer.

Salah satu persiapannya, Tarwi memeriksakan kondisi fisiknya di Sport Science Fitnes Center milik Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Hasil pemeriksaan menyatakan Tarwi layak melakukan tour de Java tersebut.

Tarwi berangkat dari Kota Pahlawan pada Kamis (17/9/2020) pagi. Keberangkatan Tarwi dilepas langsung Rektor Unesa Nurhasan perwakilan KONI Jatim, serta komunitas sepeda Surabaya. Hadir pula istri Tarwi, Asmani.

Selain mengampanyekan pentingnya oleh raga di tengah pandemi COVID-19, kegiatan ini untuk menginspirasi para atlet muda untuk tetap semangat. Mantan atlet ini juga ingin mencatatkan diri di Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai pesepeda dengan usia tertua dengan jarak tempuh terjauh.

(Baca juga: Tak Angker Lagi, Makam Warna Warni di Sidoarjo Jadi Destinasi )

Nurhasan menyebutkan, ada misi yang dibawa dalam perjalanan Tarwi di usianya yang sudah mendekati kepala delapan. "Dia ingin menginspirasi para pemuda akan pentingnya berolahraga, serta menginspirasi para atlet untuk tetap semangat berlatih demi meraih prestasi," ujar Nurhasan.

Istri Tarwi, Asmani optimistis suaminya mampu menjalankan misi ini mulai start di Surabaya hingga finish di Jakarta. Perjalanan Tarwi tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Diketahui, Tarwi merupakan atlet sepeda nasional. Berbagai prestasi dia rauh sepanjang 1962 hingga 1989. Di antaranya meraih emasGames of The New Emerging Forces.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)