Kisah Suharto Peraih Emas SEA Games, 20 Tahun Jadi Tukang Becak Kini Diangkat Pegawai Bapenda

Kamis, 20 Oktober 2022 - 18:40 WIB
loading...
Kisah Suharto Peraih Emas SEA Games, 20 Tahun Jadi Tukang Becak Kini Diangkat Pegawai Bapenda
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menemui Suharto, mantan atlet balap sepeda peraih medali emas SEA Games 1979 yang selama 20 jadi tukang becak dan pemulung. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Kepedihan Suharto, mantan atlet balap sepeda peraih medali emas pada SEA Games 1979 yang selama puluhan tahun menjadi tukang becak dan pemulung pelan-pelan mulai berakhir.

Terhitung sejak Mei2022, Suharto resmi diangkat untuk bekerja sebagai petugas keamanan di UPT Bapenda Gresik. Suharto sempat viral akibat kondisi hidupnya yang memprihatinkan. Pasalnya prestasi Suharto saat muda begitu gemilang dengan sederet prestasi yang telah ia torehkan sebagai atlet balap sepeda.



Pada 1976, Suharto meraih juara 2 perorangan dan beregu 2000 km di Thailand. Kemudian di 1977 Suharto berhasil memecahkan rekor PON Nasional untuk nomor nomor individual time trial (ITT) dan team pursuit.

Selanjutnya pada 1978 Suharto juga sempat mengikuti Olympiade di Montreal Jerman namun kurang beruntung dan tidak dapat nomor juara karena ia mengalami kecelakaan saat mengayuh sepeda di sana.

Tidak hanya itu, pada 1978 ia juga juara 3 Open Turnanen di China, serta juara 1 di Sea Games Kualalumpur tahun 1979.

Namun dengan prestasi segudang, di masa tuanya, Suharto justru menghidupi keluarga dengan mengayuh becak bahkan juga memulung untuk mencari nafkah.



Diketahui Suharto sempat menjadi tukang becak sejak selama 20 tahun lalu. Tentu hal ini menjadi hal yang begitu kontras.

Kondisi Suharto itulah yang membuat Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa trenyuh sehingga diberikan perhatian. Suharto kemudian diangkat sebagai pegawai di UPT Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Gresik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)