Diberi Umpan Anak Bebek, Buaya Jantan Sungai Deli Ditangkap

Rabu, 09 September 2020 - 03:30 WIB
loading...
Diberi Umpan Anak Bebek, Buaya Jantan Sungai Deli Ditangkap
Buaya air tawar berjenis kelamin jantan yang berkeliaran di Sungai Deli berhasil ditangkap. Foto/BKSDA Sumut
A A A
MEDAN - Setelah melakukan pemantauan secara rutin, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara akhirnya berhasil menangkap seekor buaya di Sungai Deli.

Buaya tersebut diketahui kerap terlihat oleh warga Dusun IV Gang Keluarga, Desa Kedai Durian, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang. (BACA JUGA: Duel Maut di Perumahan Elite, Paman dan Ponakan Tewas Ditangan Satpam )

“Dari hasil observasi diketahui bahwa jenisnya adalah buaya air tawar (Crocodylus novaeguineae), berkelamin jantan yang diperkirakan masih remaja dengan panjang tubuh 1,64 meter dan kondisinya sehat," kata Kepala BBKSDA Sumut Hotmauli Sianturi didampingi Kepala Subbag Data BKSDA Sumut Evlap dan Kehumasan Andoko Hidayat dalam rilisnya, Selasa (8/9/2020). (BACA JUGA: Seminggu Tenggelam, Putra Kades Pematang Kasih Ditemukan Mengambang )

Untuk pemeriksaan kesehatan dan penanganan lebih lanjut, ujar Hotmauli, buaya muara yang ditangkap pada Sabtu 5 September 2020 dini hari tersebut, kemudian dititipkan di lembaga konservasi mitra/binaan BBKSDA Sumut, yakni R Zoo & Park di Desa Bengabing, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Provinsi Sumut. (BACA JUGA: Gelapkan Uang Semen Rp1,7 M, Oknum Polisi Dilaporkan ke Polda )

Hotmauli mengemukakan, buaya air tawar berjenis kelamin jantan itu ditangkap bermula dari keresahan warga Dusun 4 Gang Keluarga, Desa Kedai Durian, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang pada 30 Agustus 2020.

Warga melihat seekor Buaya berkeliaran di Sungai Deli yang tidak jauh dari pemukiman. Bahkan penampakan hewan reptil buas ini sempat diunggah dan viral di media sosial (medsos).

"Lantas BBKSDA Sumut segera menuju ke lokasi untuk mencari dan mengumpulkan data serta keterangan, baik dari pihak pemerintahan desa maupun dari warga," ujar Hotmauli.

Dari hasil koordinasi dengan pemerintahan desa dan pihak terkait, tutur Kepala BKSDA Sumut, petugas melakukan pemantauan rutin di lokasi. Petugas juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam melakukan aktivitas di sekitar sungai.

"Kami memasang jerat dengan umpan anak bebek untuk memancing buaya tersebut. AKhirnya, buaya air tawar ini dapat ditangkap pada Sabtu (5/9/2020) dini hari," tutur dia.

Sementara itu Pemerintah Desa Kedai Durian menyampaikan terima kasih kepada BKSDA Sumut dan pihak-pihak yang membantu menangkap buaya air tawar tersebut pada Sabtu (5/9/2020) sekitar pukul 01.20 WIB.

“Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang baik dari berbagai pihak serta masyarakat, khususnya kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deliserdang, Basarnas, Muspika Kecamatan Delitua, Kepolisian Sektor Namo Rambe, Pemerintahan Desa Kedai Durian, Komunitas Sungai Deli, Komunitas Pencinta Reptil, mitra Balai Besar KSDA Sumatera Utara, PT PAL (Pelita Alam Lestari) dan berbagai pihak, sehingga penanganan konflik ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, di mana masyarakat terlindungi dan satwa liar terselamatkan," kata pihak Desa Kedai Durian.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2322 seconds (0.1#10.140)