Bantu Siswa Belajar Online, Polda Kalteng Bangun Pondok Baca

Selasa, 08 September 2020 - 19:54 WIB
loading...
Bantu Siswa Belajar Online, Polda Kalteng Bangun Pondok Baca
Siswa belajar di Pondok Baca seperti di DAS Kumai, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat yang disediakan Polda Kalteng, Selasa (8/9/2020). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) menyediakan wifi gratis bagi para pelajar di wilayah pesisir berupa Pondok Baca. Tujuannya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh saat pandemi Covid-19 .

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, setiap Pondok Baca seperti di Daerah Aliran Sungai (Das) Kumai, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, yang disediakan jajarannya tetap menerapkan protokol kesehatan. Misalnya pengecekan suhu tubuh dan mewajibkan mencuci tangan. “Itu wajib bagi para siswa yang ingin memanfaatkan fasilitas di Pondok Baca untuk pembelajaran daring,” kata Dedi kepada wartawan, Selasa (8/9/2020). (Baca juga: Internet Hambat Belajar Daring di Daerah 3T, DPR Protes Kominfo Dapat WTP)

Di Pondok Baca markas DAS Kumai, personel Polairud Polda Kalteng terkoneksi dengan para guru setempat, sehingga para pelajar bisa langsung melakukan pembelajaran jarak jauh melalui virtual. Seperti yang telah berjalan bagi pelajar SMK Negeri 1 Kumai “Siswa hanya bawa materi pembelajaran saja. Semua alat pembelajaran virtual sudah kami siapkan,” ujarnya. (Baca juga: Amerika Keluarkan Peringatan Level 3 ke Indonesia, Ini Kata Satgas Covid-19)

Polda Kalteng juga memiliki pola atau strategi jemput bola bagi para siswa yang ingin mengikuti pembelajaran daring. Salah satunya melalui program Kapal Melek Huruf, yakni kapal yang dimiliki Polairud Polda Kalteng untuk membantu mencerdaskan masyarakat pesisir. (Baca juga: Eks Lokalisasi Km 12 Buka Lagi, 27 Pria Hidung Belang dan PSK Diamankan)

Melaui Kapal Melek Huruf, personel Polairud menyambangi siswa SD Negeri 1 Kumai untuk dibawa ke dermaga trans Kecamatan Kumai Hilir. “Mereka belajar di atas kapal KP XVIII-2004 yang telah dilengkapi peralatan bejalar mengajar virtual,” tutur Dedi.

Dian, siswi SMK Negeri Kumai mengaku sangat terbantu dengan adanya Pondok Baca yang disediakan Polda Kalteng ini. Ia bisa menghemat biaya tambahan lain untuk membeli kuota. “Terima kasih Pak Kapolda. Ini bermanfaat sekali buat kami, buat orang tua kami. Walaupun pandemi Covid-19, kami tetap bisa belajar,” kata Dian.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9056 seconds (0.1#10.140)