Kabar Gembira, 80 Santri Ponpes Darussalam Sembuh Dari COVID-19

Selasa, 08 September 2020 - 09:47 WIB
loading...
Kabar Gembira, 80 Santri Ponpes Darussalam Sembuh Dari COVID-19
Santri menjalani karantina mandiri di Pondok Pesantren Darussalam Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Foto/iNews TV/Eris Utomo
A A A
BANYUWANGI - Ada kabar menggembirakan dari Pondok Pesantren Darusalam Blokagung, Kabupaten Banyuwangi, Jatim. Sebanyak 80 santri yang menjalani isolasi, dinyatakan negatif COVID-19 , Selasa (8/9/2020).

(Baca juga: Resepsi Pernikahan di Grobogan Terapkan Protokol Kesehatan )

Kepastian negatif COVID-19 tersebut, didapatkan setelah para santri menjalani tes usap atau tes swab ulang. Ada 200 santri yang menjalani tes swab ulang, dan 80 santri dinyatakan negatif COVID-19 .

Saat ini ratusan santri masih berada di gedung isolasi dengan perawatan intensif dari tim kesehatan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, tim kesehatan juga melakukan pemeriksaan terhadap para santri lain yang menjalani karantina, untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 .

Juru bicara Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Nihayatul Wafiroh mengatakan, 80 santri yang dinyatakan telah negatif COVID-19 tersebut, telah menjalani masa isolasi selama lebih dari dua pekan. (Baca juga: Polda Kepri Lengkapi Berkas TPPO 2 ABK Kapal China )

"Karena sudah dinyatakan negatif COVID-19 , maka 80 santri ini dipindahkan dari ruang isolasi ke ruang karantina yang gedungnya berbeda, tujuannya memutus mata rantai penularan COVID-19 ," tegasnya.

(Baca juga: Disindag Pastikan Kawasan Industri Bekasi Kembali Normal )

Pondok Pesantren Darussalam juga menggelar wisuda penyitas COVID-19 , bagi santri yang sudah dinyatakan negatif COVID-19 . Wisuda digelar di halaman Pondok Pesantren Darussalam, sebagai wujud syukur atas kesembuhan tersebut.

Hingga Selasa (8/9/2020), Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Banyuwangi, menyebutkan, jumlah komulatif positif COVID-19 di Kabupaten Banyuwangi, mencapai sebanyak 867 orang. Sebanyak 190 orang dinyatakan sembuh, dan 20 meninggal dunia, sementara sisanya masih dalam perawatan.

(Baca juga: Bebannya Terlalu Berat, Jembatan di Medan Rawan Ambruk )

Dari 867 kasus COVID-19 di Kabupaten Banyuwangi, di dominasi oleh santri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, yang jumlahnya mencapai sebanyak 550 kasus positif COVID-19 .
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)