Antisipasi Kebakaran Hutan, Polisi dan Perhutani di Blora Tingkatkan Patroli

Minggu, 06 September 2020 - 13:07 WIB
loading...
Antisipasi Kebakaran Hutan, Polisi dan Perhutani di Blora Tingkatkan Patroli
Sejumlah polisi dan petugas Perhutani melakukan patroli hutan di wilayah hutan BKPH Cabak RPH Nglobo, Blora. Foto Istimewa
A A A
BLORA - Polsek Jiken Polres Blora bersama Perhutani setempat, menggelar patroli hutan di wilayah hutan BKPH Cabak RPH Nglobo. Sabtu, (5/9/2020). Patroli sinergitas tersebut digelar untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan melalui Kapolsek Jiken Iptu Nur Dwi Edi mengungkapkan bahwa patroli hutan perlu ditingkatkan untuk antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta antisipasi pembalakan liar. (Baca: Antisipasi Karhutla, Polisi Intensifkan Patroli Hutan di Blora)

Kapolsek mengatakan, di saat musim kemarau seperti ini rawan terjadi kebakaran. Untuk itulah pihaknya intensif patroli hutan baik siang maupun malam. "Kita tingkatkan patroli hutan, tentunya dengan menjalin sinergi dengan perhutani dan instansi terkait lainnya untuk menjaga kelestarian hutan di Blora, khususnya di wilayah Jiken," ucap Kapolsek Jiken.

Selain melakukan patroli petugas gabungan juga memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar hutan untuk ikut menjaga kelestarian hutan dan lingkungan, salah satunya adalah dengan tidak melakukan pembalakan liar dan tidak membakar hutan untuk membuka lahan pertanian baru. (Baca: Puluhan Pelaku Karhutla Ditangkap, Termasuk Lahan di Tol Palindra)

Pihaknya berharap apabila ada warga yang melihat atau mengetahui ada kebakaran hutan untuk segera dipadamkan, dan jika tidak bisa diatasi segera melaporkan ke kepolisian terdekat. “Saya imbau kepada masyarakat apabila akan membuka lahan pertanian baru, jangan sampai dengan cara membakar lahan dan hutan karena berbahaya," pintanya.

(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2091 seconds (0.1#10.140)