Dinas Koperasi dan UKM Morowali Apresiasi Bulan RAT Koperasi

Selasa, 10 Maret 2020 - 15:46 WIB
Dinas Koperasi dan UKM Morowali Apresiasi Bulan RAT Koperasi
Dinas Koperasi dan UKM Morowali Apresiasi Bulan RAT Koperasi
A A A
BUNGKU - Koperasi Serba Usaha Bumi Dewata (BDM) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2019 bertempat di Desa Limbo Makmur, Kecamatan Bumi Raya, Kabupaten Morowali, Minggu (8/3/2020). Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Morowali Yusman Mahbub, Kades Limbo Makmur, Pimpinan Koperasi (BDM) Putu Budiada, pengurus serta anggota koperasi Serba Usaha Bumi Dewata.

Dengan Motto “Pemikiran yang baik membuahkan hasil yang baik” visi Koperasi BDM yaitu meningkatkan SDA dan SDM hingga terwujudnya lapangan kerja yang lebih luas baik di sektor pertanian, pendidikan maupun sektor lainnya. Sedangkan misi yaitu membangun pertanian yang tangguh dan mandiri pendidikan yang lebih baik terwujud karena sejahtera.

Mewakili Bupati Morowali, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Yusman Mahbub sangat mengapresiasi terselenggaranya Pencanangan Bulan RAT Koperasi tersebut. Kegiatan ini sebagai motivasi dan mengingatkan kepada pengurus koperasi agar melaksanakan tanggung jawabnya yaitu menyelenggarakan RAT minimal 1 tahun sekali. Hal ini sebagai wujud atau bentuk pertanggungjawaban kepada anggota, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

“Koperasi yang kita bentuk berdasarkan undang-undang, maka segala konsekuensinya koperasi itu harus jalan, karena aturannya seperti itu. Koperasi Bumi Dewata Mandiri adalah salah satu koperasi yang dipercaya oleh pemerintah pusat sebagai salah satu- koperasi yang diakui di lingkungan pasar dari seluruh pasar yang ada di Morowali. Ini pencapaian yang sangat luar biasa,” tukasnya.

Ia menjelaskan bahwa RAT merupakan salah satu syarat pokok menjadi koperasi berkualitas yang juga merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Dengan dilaksanakan RAT juga dapat meningkatkan kepercayaan dan citra koperasi dari anggota atau masyarakat terhadap pengurus koperasi.

Lebih lanjut, pencanganan Bulan RAT Koperasi Tahun Buku 2019 ini juga diharapkan mampu menumbuhkan kerja sama di antara gerakan koperasi untuk kemajuan koperasi itu sendiri. Sehingga, koperasi diharapkan dapat menjadi “Pintu Gerbang untuk Menuju Masyarakat Morowali Sejahtera Bersama”.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) memang wajib dilakukan dan mempunyai arti yang sangat penting. Pertanggungjawaban pengurus dan pengawas sebagai bentuk keterbukaan, transparansi dan penerapan akuntabilitas kepada anggotanya dalam melaksanakan kegiatan selama satu tahun. RAT juga berfungsi sebagai forum untuk menyepakati rencana anggaran tahun berikutnya. “Kegiatan ini sebagai upaya mempertahankan Morowali sebagai Kabupaten Penggerak Koperasi,” pungkas Yusman Mahbub.

Usai sambutan dilanjutkan dengan penyerahan cendramata oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Morowali, Yusman Mahbub didampingi Pimpinan Koperasi BDM kepada penabung terbaik koperasi yaitu Samsi dari Limbo Makmur dan peminjam terbaik kepada Sulastri Guru dari Limbo Makmur. (octaviana/ilham)
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9991 seconds (0.1#10.140)