alexametrics

Waspada! Hujan Lebat Disertai Petir Diprediksi Bakal Terjadi di 29 Daerah

loading...
Waspada! Hujan Lebat Disertai Petir Diprediksi Bakal Terjadi di 29 Daerah
BMKG memprakirakan dalam sepekan ke depan (28 Januari-03 Februari 2020) terjadi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan dalam sepekan ke depan (28 Januari-03 Februari 2020) hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R Mulyono R Prabowo menyatakan, sirkulasi siklonik di sekitar perairan barat daya Lampung menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang di sebelah barat wilayah Sumatera Utara hingga Selatan dan terbentuknya belokan angin di sekitar wilayah Jawa. (Baca juga: Waspada! Cuaca Ekstrem Masih Mengintai dalam Sepekan ke Depan)

Sedangkan kondisi labilitas atmosfer cukup signifikan menyebabkan peningkatan massa udara basah di beberapa wilayah Indonesia. "Faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Indonesia bagian barat," kata Mulyono dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/1/2020). (Baca juga: DPR Minta Pemerintah Perhatikan Warning AS Soal Cuaca Ekstrem)



Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan berintensitas lebat yang bisa disertai kilat/petir bakal terjadi dan berpotensi terjadi di wilayah:

Periode 28-30 Januari 2020 :

- Sumatera Utara
- Sumatera Barat
- Bengkulu
- Jambi
- Sumatera Selatan
- Lampung
- Banten
- DKI Jakarta
- Jawa Barat
- Jawa Tengah
- DI Yogyakarta
- Jawa Timur
- Kalimantan Barat
- Kalimantan Tengah
- Sulawesi Selatan

Periode 31 Januari - 3 Februari 2020 :

- Sumatera Barat
- Jambi
- Bengkulu
- Sumatera Selatan
- Lampung
- Banten
- DKI Jakarta
- Jawa Barat
- Jawa Tengah
- Jawa Timur
- Kalimantan Barat
- Kalimantan Utara
- Sulawesi Barat
- Sulawesi Selatan

Prabowo menambahkan, berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat, stasus Siaga potensi banjir dan atau genangan (28-29 Januari 2020) perlu diwaspadai di wilayah Sumatera Barat (siaga), dan Bengkulu (siaga)

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," pintanya. Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam yaitu melalui call center 021-6546315/18, bmkg.go.id, @infoBMKG atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdeka.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak