1 Pasien Positif COVID-19 di Tana Toraja Meninggal Dunia

Selasa, 01 September 2020 - 14:09 WIB
loading...
1 Pasien Positif COVID-19 di Tana Toraja Meninggal Dunia
Satu pasien COVID-19 di Tana Toraja meninggal dunia. Foto: Ilustrasi
A A A
TORAJA - Satu warga terkonfirmasi positif COVID-19 di kabupaten Tana Toraja dinyatakan meninggal dunia, usai menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada.

Meninggalnya satu pasien positif COVID-19 itu diumumkan langsung langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tana Toraja selaku koordinator Media Center Satgas COVID-19 Tana Toraja Berthy Mangontan, didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja , Ria Minolhta Tanggo dan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja Mardaria Patioran.



Koordinator Media Center Satgas COVID-19 Tana Toraja Berthy Mangontan menjelaskan, pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal dunia adalah pasien nomor 70, jenis kelamin perempuan, umur 66 tahun, pekerjaan Ibu Rumah Tangga.

Ia menjelaskan, pada Sabtu, 16 Agustus 2020, pasien melakukan perjalanan dari Makassar ke kecamatan Sangalla, Tana Toraja. Tiba di Sangalla langsung melakukan karantina mandiri. Minggu, 30 Agustus 2020, pasien nomor 70 memeriksakan Kesehatan di RSUD Lakipadada dengan keadaan umum yang tidak baik.

Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) menyatakan pasien Pneumonia berat. Selanjutnya langsung diambil swabnya dengan menggunakan metode pemeriksaan TCM. Tidak terlalu lama di ruang IGD, pasien dinyatakan meninggal. Sementara hasil pemeriksaan swab keluar dan dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19.

"Dengan penambahan 1 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 maka kasus positif Covid-19 di Tana Toraja bertambah menjadi 70 kasus. Dengan rincian, 5 orang masih dirawat, 63 orang sembuh dan 2 orang meninggal dunia," jelas Berthy di Makale, Selasa, (1/9/2020)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja , Ria Minolhta Tanggo menambahkan, Satgas COVID-19 Tana Toraja langsung melakukan langkah-langkah memutus mata rantai penyebaran virus Corona di lokasi terutama yang telah kontak dengan pasien terkonfirmasi positif dengan melakukan tracing melibatkan Tim Surveilans dari UPT PKM Kondoran.



"Dalam Rencana Aksi Pemulihan Masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Tana Toraja sekarang ini, masyarakat dihimbau untuk tetap mengikuti protokol kesehatan, mengikuti anjuran dan mendukung upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19, tidak panik dan menghindari berita-berita hoaks," katanya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2601 seconds (0.1#10.140)