Pasokan Melimpah, Harga Sejumlah Sayuran di Kendal Anjlok

Senin, 31 Agustus 2020 - 07:30 WIB
loading...
Pasokan Melimpah, Harga Sejumlah Sayuran di Kendal Anjlok
Sejumlah harga sayuran dan kebutuhan pokok di Kabupaten Kendal, mengalami penurunan hingga 70%. Foto/iNews TV/Eddie Prayitno
A A A
KENDAL - Harga sejumlah sayuran dan kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, mengalami penurunan drastis hingga 50% dari harga normal.

(Baca juga: Pemkot Solo Salurkan 1.500 Smartphone Bagi Siswa Kurang Mampu )

Turunnya harga tersebut salah satunya terjadi pada komoditas cabai. Hal ini dipicu oleh melimpahnya panen disejumlah sentra penghasil cabai. Namun, bersamaan dengan itu harga bawang putih melonjak naik hingga 70% dari harga normal.

Harga bawang putih sebelumnya Rp15 ribu/kg, kini naik menjadi Rp24 ribu/kg. Sementara harga cabai merah sebelumnya Rp15 ribu/kg, turun menjadi Rp7 ribu/kg. Cabai rawit dari harga Rp12 ribu/kg, turun menjadi Rp8 ribu/kg. (Baca juga: Bantuan Subsidi Upah Tak Harus Lewat Rekening Bank Pemerintah )

Penurunan harga juga terjadi pada wortel, dari Rp7 ribu/kg menjadi Rp4 ribu/kg. Kol dari Rp5 ribu/kg, menjadi Rp2.500/kg. Brokoli dari harga Rp15 ribu/kg menjadi Rp11/kg. Bunga kol yang tadinya Rp17 ribu/kg, menjadi Rp10 ribu/kg. Sementara harga tomat dari Rp12 ribu/kg, turun jadi Rp12 ribu/kg.

Nanik, salah sah satu pedagang sayuran di Pasar Kendal, mengaku penurunan harga sejumlah sayuran ini terjadi sejak sepekan terakhir. "Katanya sudah memasuki panen raya, makanya pasokan melimpah, sementara pembeli turun sehingga harga jual ikutan turun," ungkapnya.

(Baca juga: Tak Gunakan Masker, Pengunjung Wisata Alam Datuk Dihukum Push Up )

Masa pandemi COVID-19 ini, diakuinya sangat berdampak terhadap pedagang sayur. Kondisinya tidak bisa diprediksi, sebab harga komoditas mengalami fluktuasi yang sangat drastis. Dia berharap pandemi COVID-19 segera berakhir.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)