KPU Blitar Pastikan Terpapar COVID-19 Tidak Menggugurkan Pencalonan

Minggu, 30 Agustus 2020 - 18:34 WIB
loading...
KPU Blitar Pastikan Terpapar COVID-19 Tidak Menggugurkan Pencalonan
ilustrasi
A A A
BLITAR - Setiap pasangan bakal calon kepala daerah di KPU Kabupaten Blitar akan diwajibkan menjalani swab test COVID-19. Untuk memenuhi persyaratan sehat jasmani, KPU ingin memastikan setiap pasangan bakal calon kepala daerah tidak terpapar COVID-19. Namun kendati demikian, terpapar COVID-19 dipastikan tidak menggugurkan pencalonan kepala daerah.

"Kesehatan jasmani menjadi unsur persyaratan bakal pasangan calon. Namun COVID-19 tidak menggugurkan syarat pencalonan," ujar Komisioner KPU Kabupaten Blitar divisi pendidikan pemilih dan SDM Muhammad Bahauddin kepada wartawan. Sebagai pencegahan, KPU menghimbau bakal pasangan calon untuk mengurangi interaksi dengan pemilih.

(Baca juga: Terbawa Air Laut, Hiu Tutul Terdampar di Pantai Paseban )

Bakal pasangan calon diminta untuk mengedepankan phyisical distancing, yakni tidak sering sering bertatap muka dengan pemilih. KPU, kata Bahauddin tidak ingin proses pilkada menjadi terhambat gara gara ada bakal pasangan calon yang terpapar COVID-19. "Karena sesuai protokol kesehatan pasien COVID-19 harus menjalani isolasi," kata Bahauddin.

Menurut Bahauddin, persoalan COVID-19 dalam proses pilkada masih menjadi pembahasan antara KPU RI dengan organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Bagaimana dengan tahapan yang sudah terjadwal jika sampai terjadi kasus (COVID-19) kata Bahauddin masih diperbincangkan.

"Karenanya solusi sementara adalah dengan mengurangi kegiatan yang berpotensi terpapar COVID-19," pungkas Bahauddin. Seperti diketahui, hingga saat ini baru pasangan incumbent, yakni Rijanto-Marheinis Urip Widodo yang dipastikan maju dalam pilkada Kabupaten Blitar 2020.

Sebagai kepala daerah aktif, Bupati Rijanto tidak berhenti melakukan kegiatan yang bersifat seremonial yang menghadirkan kerumunan massa. Termasuk di sejumlah acara peresmian dan perayaan yang mendatangkan massa, Bupati Rijanto selalu hadir di kegiatan.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)