Satpol dan Asisten Rumah Tangga Latihan Memadamkan Api

Jum'at, 27 Desember 2019 - 16:00 WIB
Satpol dan Asisten Rumah Tangga Latihan Memadamkan Api
Satpol dan Asisten Rumah Tangga Latihan Memadamkan Api
A A A
LIMBOTO - Jajaran BPBD penanggulangan bencana dan Damkar menggelar simulasi penanganan kebakaran guna mencegah kebakaran pada objek vital seperti rumah dinas pejabat. Terlihat beberapa petugas damkar dan para asisten rumah tangga berikut satpol dilatih untuk memadamkan api untuk hadapi kebakaran secara tiba-tiba.

Kepala BPBD Sumanti Maku mengatakan simulasi ini berupa latihan bagi mereka yang selalu bertugas dirumah rumah dinas. "Ya, mereka kami latih bagaimana memadamkan api dalam situasi awal jika terjadi kebakaran secara tiba-tiba. Sebab rumah dinas merupakan objek vital yang harus kita jaga," paparnya.

Penanggulangan kebakaran awal sangat penting. Sehingga mereka para satpol dan asisten rumah tangga ini tidak akan panik jika terjadi situasi demikian. "Kita berharap sebelum kita datang, sudah ada beberapa penanganan awal oleh mereka. Sebelum kami sampai," tutur Sumanti.

Ada dua hal yang kami praktikkan dalam simulasi ini, yang pertama dengan menggunakan tabung pemadam dan yang lainnya dengan menggunakan handuk basah, atau selimut dalam ukuran besar juga tak lupa dibasahkan terlebih dahulu. "Intinya jangan ada kepanikan sebelum tim kami datang. Namun dengan langkah awal yang sudah kami simulasikan terlebih dahulu," paparnya.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4989 seconds (0.1#10.140)