Suara Partai Solid, Cagub yang Didukung Perindo di Pilkada Riau Elektabiltas Naik Signifikan

Senin, 28 Oktober 2024 - 08:37 WIB
loading...
A A A
"Sebab pasangan ini dianggap menjadi pilihan alternatif. Masyarakat Riau yang dianggap bisa merangkul seluruh elemen masyarakat Riau baik segmentase yang religius maupun yang nasionalis," ujarnya.

Sementara itu, angka elektabilitas Abdul Wahid yang dari bulan Mei lalu sudah melakukan pergerakan politik juga konsisten mengalami kenaikan sebesar 15% karena faktor dukungan Ustad Abdul Somad.

Sedangkan Syamsuar menjadi paslon yang terlihat stagnan kenaikannya yang sebelumnya tertinggi elektabilitasnya sekarang hanya naik 6,3%.

"Ini karena faktor utamanya adalah masyarakat Riau merasa Syamsuar tidak memiliki legacy pembangunan yang ditingalkan khususnya pada persoalan infrastruktur yang terus menerus mendapatkan kritik dari masyarakat menjelang Pilkada ini," urainya.

Sementara dari segi popularitas tertinggi adalah petahan gubernur yaitu sebesar (87,2%). Kemudian masyarakat Riau yang mengenalnya, Abdul Wahid (81,7 %), diikuti oleh M Nasir (80,2%). Sedangkan tingkat popularitas tertinggi calon wakil gubernur yaitu HM Wardan (71,4%), SF Hariyanto (70,1%) dan Mawardi (60,9%).

Sementara itu, bila dilihat dari nilai kesukaan (liketabilitas) masyarakat kepada calon adalah M Nasir (59,8%) dan Abdul Wahid (58,1%). Dari data survei ini tingkat popularitas Syamsuar memang tertinggi yakni (87,2%) namun tidak singkron dengan tingkat kesukaan masyarakat terhadap Syamsuar yang hanya sebesar (52,7%).

"Hal ini menjadi dampak atas tingkat kepuasan kinerja Syamsuar yang rendah pada periode jabatan sebelumnya. Untuk elektabilitas calon wakil gubernur adalah HM Wardan (50,3%) karena kiprahnya selama dua periode memimpin Kabupaten Indragiri Hilir, disusul SF Hariyanto (48,0%) dan Mawardi (42,9%)," sebutnya.
(shf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)