Akademi Diving Papua Diminta untuk Maksimalkan Potensi Bahari

Rabu, 11 Desember 2019 - 17:45 WIB
Akademi Diving Papua Diminta untuk Maksimalkan Potensi Bahari
Akademi Diving Papua Diminta untuk Maksimalkan Potensi Bahari
A A A
SENTANI - Setelah meluncurkan Papua Akademi Diving pada 23 Februari 2019 lalu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw meresmikan satu unit bangunan baru beserta seluruh fasilitas pendukungnya sebagai pusat pelaksanaan kegiatan Diving di pinggiran Pantai Amai Kampung Tablasupa, Distrik Depapre, akhir pekan lalu.

Bupati Mathius Awoitauw mengatakan, dengan adanya fasilitas pendukung yang telah diresmikan ini, jajaran pengurus Papua Akademi Diving dan semua peserta didik nantinya harus dapat memanfaatkan potensi bahari di sepanjang teluk Tanah Merah ini dengan baik.

“Selama ini orang hanya tau di atasnya saja, potensi bawah laut kita masih banyak yang belum tahu,” ujar Bupati Mathius Awoitauw di Sentani. Kamis (5/12/2019)

Dikatakan Mathius, potensi bawah laut bagian pantai utara Papua ini masih banyak yang belum diketahui oleh masyarakat luas. Oleh sebab itu, Akademi ini didirikan agar semua anak-anak muda di pesisir Tanah Merah bisa dilatih dalam Akademi ini untuk memaksimalkan potensi yang Jayapura miliki.

Dia menekankan Akademi Diving harus menetapkan standar-standar yang berbasis pendidikan sehingga ada program yang dikelolah secara tim untuk mempetakan seluruh pesisir pantai utara ini.

“Ada tim pelatih dari sulawsesi utara sebagai pendamping untuk melatih potensi anak muda disini,” katanya.

Sementara itu, Direktur Papua Diving Akademi, Sopia Melisa Serontouw mengatakan, sangat mengharapkan adanya dukungan semua pihak, baik Pemerintah Daerah secara khusus tetapi juga masyarakat yang berada di pesisir teluk tanah merah untuk menitipkan potensi generasi muda mereka untuk dilatih pada akademi diving ini.

Dirinya juga menyampikan banyak terima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura yang telah membantu menyiapkan seluruh fasilitas pendukung. Baik sarana gedung, perlengkapan selam dan seluruh fasilitas pendukung yang akan digunakan oleh peserta didik dalam Akademi Diving ini.

“Setelah diresmikan oleh Bupati Jayapura, maka seluruh aktifitas akademi diving ini akan diaktifkan pada 2020 yang akan datang,” pungkasnya.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4384 seconds (0.1#10.140)