alexametrics

Pengungsi Akibat Konflik dan Kekerasan di Nduga Papua Diminta Segera Pulang

loading...
Pengungsi Akibat Konflik dan Kekerasan di Nduga Papua Diminta Segera Pulang
Sejumlah warga di Kabupaten Nduga, Papua yang mengungsi akibat konflik dan kekerasan diminta segera pulang ke kampungnya untuk merayakan Natal bersama. Foto/iNews TV/Nathan Making
A+ A-
NDUGA - Sejumlah warga di Kabupaten Nduga, Papua yang mengungsi akibat konflik dan kekerasan diminta segera pulang ke kampungnya untuk merayakan Natal bersama.

Permintaan itu disampaikan Kepala Kampung Alguru, Distrik Krepkuri, Vitalis Nimie kepada warganya yang mengungsi ke Distrik Kenyam dan sekitar. Dia menyatakan, saat ini kondisi di Alaguru sudah kondusif dan aman. Selain itu aparat menjamin keamanan untuk warganya. (Baca juga: Situasi Keamanan di Kabupaten Nduga Kondusif)
Pengungsi Akibat Konflik dan Kekerasan di Nduga Papua Diminta Segera Pulang

"Saya minta kepada sejumlah warga Alguru yang mengungsi di Kota Kenyam dan sekitarnya untuk kembali ke Kampung, karena beberapa minggu lagi perayaan Natal. Sebelum Natal harus kita buat persiapan persiapan terlebih dahulu. Sehingga warga harus kembali ke kampung," ungkapnya, Kamis malam (5/12/2019).

Vitalis menjelaskan sejumlah warga Alguru mengungsi ke Kota Kenyam dan sekitarnya karena takut dengan peristiwa satu tahun lalu, di mana kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB) membuat ulah dan melakukan tindakan kejahatan di Kampung mereka. Sehingga sejumlah warga takut dan mengungsi.



"Saya minta warga kembali ke kampung dan tidak usah takut karena aparat keamanan selalu melindungi warga. Ditambah lagi aparat keamanan yang berada di Kenyam saat ini adalah untuk menjamin rasa aman kepada masyarakat" ungkapnya.

Dia menambahkan, saat ini warga Alguru mendapatkan ratusan beras karung dan ratusan paket sembako dari Binmas Noken Polri. Sehingga untuk bantuan ini akan dibagikan ke warga.

Selain memberikan bantuan sembako, Binmas Noken Polri juga berencana memberikan bantuan tanaman jangka panjang dan jangka pendek serta memberikan sosialisasi pertanian kepada warga. "Oleh karena itu warga diharapkan agar segera kembali ke kampung," tandasnya.

Selain itu, Vitalis juga meminta kepada warganya agar jangan mudah terprovokasi dengan oknum oknum yang tidak bertanggung jawab. Sebab oknum-oknum tersebut hanya memanfaatkan situasi untuk mencapai tujuan mereka.

"Saya minta agar warga jangan mudah terprovokasi dan jangan percaya dengan ucapan atau ajakan oknum oknum tersebut yang ingin membuat sesuatu hal yang merugikan diri sendiri dan merugikan orang lain," ungkapnya. (Baca juga: Kontak Senjata TNI dengan OPM di Nduga, 2 Tewas)

Menurut dia, di bulan Desember ini warga harus hidup saling mengasihi satu sama lain. "Mari bersama sama bergandengan tangan menjaga Nduga agar tetap aman dan kondusif," teganya.

Dia menambahkan, kehadiran polisi di Nduga sangat membantu warga. Sebab selain menjalan tugas pokok sebagai aparat keamanan, polisi juga melakukan berbagai macam kegiatan seperti memberikan bantuan sembako dan lain sebagainya.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak