alexametrics

OPM Tembak Warga Sipil di Tembagapura, 1 Korban Kritis

loading...
OPM Tembak Warga Sipil di Tembagapura, 1 Korban Kritis
Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto. Foto/ist
A+ A-
JAYAPURA - Aksi penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali terjadi di Mile 62, wilayah jalan tambang PT Freeport Indonesia, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. Akibat insiden tersebut, mengakibatkan satu orang korban mengalami luka akibat terkena tembakan pada bagian perut dan leher.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto membenarkan bahwa insiden tersebut terjadi pada Kamis (21/5) dimana sebelum ditemukannya korban, Anggota TNI Satgas Pengamanan PTFI yang berjaga di Pos Mile 59 (Ketinggian Tower) dan Mile 61 (Ketinggian sebelah kanan kandang Gajah) mendengar suara tembakan rentetan Senjata Api laras panjang disekitaran Mile 62, Distrik Tembagapura.

Setelah beberapa kali mendengar bunyi tembakan tersebut, anggota TNI yang sedang melaksanakan jaga langsung melaporkan kepada Tim Aparat Gabungan TNI/Polri yang berada di sekitar pos untuk melihat ke lokasi arah terdengarnya bunyi tembakan. (Baca juga: Lewat Jalur Kampung, Ambulans Bawa Pasien Reaktif Dihadang Warga)



"Sampai di lokasi kejadian, Tim Aparat Gabungan TNI/Polri menemukan warga sipil yang sudah tergeletak tidak sadarkan diri dengan luka tembakan di perut dan leher,"tambah Kapendam melalui keterangan elektronik yang diterima SINDOnews, Jumat (22/5/2020).

Melihat kondisi korban, Tim Aparat Gabungan TNI/Polri bergegas menghubungi Tim Patroli Zona Echo dan Zona Delta berikut Mobil Ambulance PT. FI agar segera menuju TKP untuk memberikan pertolongan Medis terhadap korban. Selanjutnya, korban berhasil dievakuasi ke SOS Hospital PT Freeport Indonesia. (Baca juga: Beredar Video Petugas Jenazah COVID-19 Minta Rp3 Juta untuk Biaya Pemakaman)

Sementara itu, Kapendam Eko menambahkan bahwa saat dilakukan penyisiran ditemukan identitas korban bernama Sdr. Sakir Sinen berusia 32 tahun, Suku Ternate, dan Amunisi kaliber 5,56 mm sebanyak 30 butir dan kaliber 7,62 mm sebanyak 9 butir.

Sampai dengan keterangan pers ini dirilis situasi tempat kejadian sudah diamankan oleh Aparat Keamanan Gabungan TNI/Polri. Kelompok KSB pelaku penembakan masih dalam penyelidikan dan pengejaran.
(mpw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak