Ratusan Peserta Ikuti Pelatihan Mandi Jenazah di Palembang

Senin, 02 Desember 2019 - 14:53 WIB
Ratusan Peserta Ikuti Pelatihan Mandi Jenazah di Palembang
Ratusan Peserta Ikuti Pelatihan Mandi Jenazah di Palembang
A A A
PALEMBANG - Kemampuan untuk mengurus jenazah merupakan salah satu kewajiban umat Islam. Namun, untuk melakukan kewajiban tersebut diperlukan pengetahuan dan pemahaman secarah utuh.

Untuk meningkatkan kemampuan tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melakukan pembinaan dan pelatihan kepada bilal jenazah se kabupaten/kota di Sumsel, di Palembang.

"Hukum mengurus jenazah adalah fardhu kifayah. Artinya umat Islam diwajibkan memiliki pengetahuan dan keterampilan mengurus jenazah mulai dari memandikan, mengkafani, mensalatkan dan menguburkan jenazah sesuai syariat islam," ungkap Asisten I Setda Sumsel Akhmad Najib, Senin (2/12/2019).

Dia menjelaskan, di era globalisasi sekarang ini, kegiatan pembinaan dan pelatihan terhadap pengurus atau bilal jenazah ini penting dilakukan. Sebab, saat ini masih banyak masyarakat khususnya generasi muda yang belum sadar pentingnya keterampilan dalam mengurus jenazah.

"Kami berharap para peserta dapat menyerap ilmu yang diberikan. Sehingga nantinya ilmu tersebut dapat diterapkan dalam pengurusan jenazah di masyarakat, terutama di lingkungan keluarga," tuturnya.

Sedikitnya, ada 150 orang yang menjadi peserta pada kegiatan merupakan utusan dari Bagian Kesra Kabupaten / Kota se Sumsel, Pengurus masjid, mau pun perwakilan dari organisasi kemasyarakatan lainnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4780 seconds (0.1#10.140)