alexametrics

PAD Kabupaten Gorontalo Naik 100 Persen Lebih

loading...
PAD Kabupaten Gorontalo Naik 100 Persen Lebih
Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Gorontalo terus mengalami peningkatan. Bila awal 2016 lalu PAD hanya berkisar Rp90 miliar, tahun ini sudah mencapai Rp200 miliar.
A+ A-
LIMBOTO - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Gorontalo terus mengalami peningkatan. Bila awal 2016 lalu PAD hanya berkisar Rp90 miliar, tahun ini sudah mencapai Rp200 miliar.

Jumlah ini jauh dibandingkan daerah lain. Meski telah meningkat lebih dari 100 persen, namun Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo menegaskan bahwa masih banyak PAD yang belum terkelola dengan baik, bahkan banyak sumber PAD baru yang harusnya bisa digarap untuk meningkatkan kas daerah.

“Pertama soal PAD Rp90 miliar saat ini sudah mencapai Rp200 miliar. Dan itu kita terus dorong. Oleh karena itu ke depan, saya akan dorong bagaimana melahirkan satu dinas khusus mencari uang,” ungkap Nelson.



Menurut Nelson, selama ini pemerintah hanya bergantung pada dana transfer dari pemerintah pusat. Padahal jika potensi daerah di kelola dengan maksimal, maka daerah bisa mandiri.

Sebut saja Jakarta, dengan sumber PAD yang begitu besar, saat ini ibukota negara itu tak lagi membutuhkan bantuan untuk membangun. “Kita ini hanya tahu membelanja, tapi tidak tahu mencari uang, maka kita dorong (PAD) itu,” sambung Bupati Nelson.

Salah satu kiat untuk mendorong peningkatan PAD, kata Nelson, dengan mendorong aparat untuk jeli dalam menangkap peluang yang muncul, terutama dalam menciptakan sumber PAD baru untuk daerah.

“Kita juga akan dorong lahirnya entrepreneur governmen, ini semua kita lakukan agar Kabupaten Gorontalo bisa mandiri,” sambung Nelson.

Jika daerah sudah bisa mandiri maka pembangunan pasti bisa semakin cepat. Sebab selama ini, pembangunan di daerah masih terkena anggaran.
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak