alexametrics

Sampah Plastik Kepung Pantai Toronipa, Turis Enggan Datang

loading...
Sampah Plastik Kepung Pantai Toronipa, Turis Enggan Datang
Dinas Sosial Sulawesi Tenggara bersama masyarakat setempat melakukan aksi bersih sampah di sepanjang Pantai Toronipa. Foto/iNews TV/Rahmat Buhari
A+ A-
KONAWE - Tumpukan sampah plastik di kawasan pesisir Pantai Toronipa, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara semakin memprihatinkan.

Sampah plastik yang mengepung Pantai Toronipa tersebut akibat kurangnya kesadaran masyarakat khususnya pengunjung akan kebersihan. Dampaknya wisatawan atau turis enggan berkunjung karena lokasinya terkesan jorok. (Baca juga: Tak Ada Bantuan, Ribuan Warga Konawe Bertahan di Rumahnya)
Sampah Plastik Kepung Pantai Toronipa, Turis Enggan Datang

Padahal pengelola dan pemerintah sudah menyedikan penampungan atau tempat pembuangan sampah.

Karena itu, Dinas Sosial Sulawesi Tenggara bersama masyarakat setempat melakukan aksi bersih sampah di sepanjang Pantai Toronipa. Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara Armunanto pun mengimbau kepada para pengunjung wisata dan masyarakat tidak lagi membuang sampah di sembarang tempat.



“Kalau destinasi wisata itu kotor, seperti banyak sampah plastiknya maka tidak akan berkembang. Namun kalau bersih dan didukung masyarakat saya yakin akan berkembang,” katanya. (Baca juga: 74.818 Jiwa Warga di Kabupaten Konawe Terdampak Banjir)

Dia menambahkan, pada Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Bulan Bakti Karang Taruna, pemerintah mendukung pengembangan pariwisata daerah.

"Oleh karena itu, dibutuhkan peran serta masyarakat. Sehingga destinasi wisata yang ada di tujuh belas kabupaten kota dapat terkelola dengan baik," katanya.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak