Hujan Petir, Suplai Listrik Gardu Induk PLN Baturaja Terganggu

Jum'at, 15 November 2019 - 09:00 WIB
Hujan Petir, Suplai Listrik Gardu Induk PLN Baturaja Terganggu
Hujan Petir, Suplai Listrik Gardu Induk PLN Baturaja Terganggu
A A A
PALEMBANG - Hujan deras disertai angin kencang dan petir yang melanda sebagian wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) selama satu jam menyebabkan beberapa rumah dan pohon roboh. Bahkan Gardu Induk (GI) Baturaja mengalami kerusakan kabel keluaran 20.000 volt pada transformator satu (Trafo 1) di GI yang menyuplai listrik Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Hujan angin dan petir menyebabkan terjadinya hubungan arus singkat di saluran 20.000 volt. Akibatnya kabel tegangan menengah tersebut terbakar, sehingga pasokan listrik ke Kota Baturaja dan sebagian Kabupaten Ogan Komering Ulu, padam.

" Hujan angin deras disertai petir menyebabkan short circuit di outgoing GI Baturaja terbakar kabel keluaran tegangan menengah. Sekitar 41 megawatt terkena imbas dari gangguan tersebu, dan kami langsung melakukan respons cepat dengan melakukan manuver melalui jaringan dari Gardu Induk Martapura, Muara Dua dan Prabumulih," ujar Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lahat, Zamzami, Jumat (15/11/2019).

Tim recovery PLN segera melakukan pekerjaan perbaikan di Gardu Induk Baturaja. "Sejak semalam, tim sudah mulai prepare untuk peralatan dan material, terutama sekali kabel tegangan menengah atau di sisi 20 kilovolt dan mulai semalam petugas recovery sudah melakukan perbaikan, mudah-mudahan dalam waktu 2 hari ke depan sudah selesai perbaikannya jika tidak ada kendala yang berarti," jelasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6609 seconds (0.1#10.140)