Uncen Siap Mendirikan Fakultas Teknologi Pertanian

Kamis, 14 November 2019 - 10:21 WIB
Uncen Siap Mendirikan Fakultas Teknologi Pertanian
Uncen Siap Mendirikan Fakultas Teknologi Pertanian
A A A
JAYAPURA - Universitas Cenderawasih (Uncen) mewacanakan membangun Fakultas Pertanian untuk menunjang pembangunan ekonomi sektor Pertanian di Papua, Kamis (14/11/2019). Diharapkan Uncen mampu melahirkan Sarjana Pertanian andal untuk mengolah Sumber Daya Alam Papua, terutama di sektor pertanian.

"Kalau tidak digarap secara profesional untuk pengembangan kemajuan sumber daya manusia, maka tentu ini akan menjadi sebuah masalah yang serius apalagi membicarakan isu yang terkait dengan Pertanian. Kita memiliki sumber daya alam yang sangat baik dan harus dimanfaatkan secara maksimal,” kata Pembantu Rektor IV Fredick Sokoy di Rektorat Uncen Perumnas 3 Waena Jayapura.

Oleh karena itu, Fredick berharap, setelah ada kajian ilmiah segera terbentuk Fakultas Pertanian dan mengakomodir putra putri Papua yang berkeinginan menimba ilmu di bidang itu. Setelah lokakarya Dies Natalis ke-57, Uncen segera menyusun tim khusus untuk menindaklanjuti wacana itu.

“Jadi sekarang kita sudah harus memikirkan bagaimana Fakultas Pertanian itu ada. Ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat pokok yang ada di Papua,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Keerom Piter Gusbager yang juga hadir dalam lokakarya tesebut mengatakan, pemerintah berkewajiban memberi dukungan kepada semua lembaga pendidikan, termasuk kepada Universitas Cendrawasih. Termasuk pembentukan Fakultas Pertanian, karena wilayah sekitar kampus mempunyai potensi pertanian yang baik.

"Onilah salah satu tugas pemerintah mencerdaskan warga dan bangsa Ondonesia yang ada di wilayah Tanah Papua, khususnya yang ada di Jayapura Raya, termasuk Sarmi, Keerom, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Apalagi potensi wilayah Kabupaten Keerom itu pertanian dan menjadi sektor unggulan,” katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7281 seconds (0.1#10.140)