alexametrics

Pasukan Yonif 301/PKS Hadiahi Rakit Merah Putih Bagi Warga Perbatasan

loading...
Pasukan Yonif 301/PKS Hadiahi Rakit Merah Putih Bagi Warga Perbatasan
Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang menyerahkan Rakit Merah Putih kepada warga Desa Sungai Kelik, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Foto Ist
A+ A-
SINTANG - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang menyerahkan Rakit Merah Putih kepada warga Desa Sungai Kelik, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Hal ini dilakukan karena melihat kondisi masyarakat saat beraktivitas harus menyeberangi sungai cukup lebar dan arus yang deras saat cuaca hujan untuk menuju ladang tempat bekerja sehari-hari.

Danpos Sungai Kelik Letda Arh Tri Ardian mengungkapkan, bahwa selama ini warga yang hendak beraktivitas pergi ke ladang harus melintasi sungai, hanya dengan memanfaatkan pohon-pohon yang disusun seperti rakit namun dalam kondisi yang sudah tidak layak dan tidak aman untuk digunakan.

"Melihat kondisi tersebut, saya berinisiatif mengajak warga untuk bersama-sama membuat rakit, warga sangat antusias dan senang karena apa yang selama ini dikeluhkan oleh warga sudah ada solusinya. Rakit tersebut dipasang pagar guna mencegah warga tidak terjatuh saat sedang melintasi menggunakan rakit tersebut, khususnya bagi wanita dan anak-anak. Rakit tersebut terikat pada tali yang membentang sepanjang lebar sungai agar rakit tidak terbawa arus," katanya dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews, Senin (30/9/2019).



Sedangkan Kepala Desa (Kades) Sungai Kelik Yusuf sangat berterimakasih kepada Satgas atas upaya yang telah dilakukan untuk membantu warga, dengan harapan setiap warga yang menggunakan rakit dapat menjaga dan merawatnya supaya tetap dapat digunakan.

"Semoga rakit ini bermanfaat bagi kami maupun warga lain yang beraktivitas lainya," timpalnya.

Ditempat terpisah, Dansatgas Yonif R 301/Pks, Letkol Inf Andi Hasbullah mengatakan, kegiatan yang dilakukan personel Satgas merupakan wujud kepedulian terhadap kesulitan warga. Selain itu, untuk mempererat tali silaturahmi, sehingga kemanunggalan TNI dengan rakyat yang selama ini sudah terjaga dengan baik, agar lebih baik lagi.

"Rakit tersebut diberi nama "Rakit Merah Putih" sebagai hadiah Satgas dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-74 yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2019 nanti. Rakit Merah Putih tersebut memiliki makna, bahwa setiap warga di perbatasan senantiasa agar tetap cinta terhadap Tanah Air Indonesia. Meski sederhana tapi menjadi bukti pengabdian TNI bagi NKRI khususnya di wilayah perbatasan," pungkasnya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak