TMMD Jadi Alternatif Percepatan Pembangunan di Daerah

Kamis, 30 Juli 2020 - 18:42 WIB
loading...
TMMD Jadi Alternatif Percepatan Pembangunan di Daerah
Kepala Penerangan Kodam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos . FOTO : IST
A A A
KUBU RAYA - Pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa ke-108 oleh Kodam XII/Tanjungpura di Danti, Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Desa Beringin Rayo, Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang dan Desa Bangun Jaya, Balai Riam Kabupaten Sukamara dinyatakan selesai dan secara resmi ditutup.

Penutupan ditandai dengan penyerahan hasil pekerjaan TMMD oleh masing - masing Dansatgas TMMD kepada kepala daerah yang wilayahnya menjadi sasaran TMMD. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi penyebaran COVID-19 yang sampai saat ini masih berlangsung.

Kepala Penerangan Kodam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos mengatakan, pelaksanaan TMMD ke-108 yang berlangsung selama 30 hari sejak 30 Juni sampai dengan 29 Juli 2020 oleh Satgas TMMD Kodam XII/Tpr telah mencapai 100 persen.

"Berkat kemanunggalan Satgas TMMD dengan masyarakat seluruh pembangunan fisik maupun non fisik berhasil dilaksanakan tepat waktu, dan hari ini secara resmi ditutup," ujarnya Rabu (29/7/2020) dalam siaran pers yang diterima SINDOnews.

Menurut Kapendam program TMMD ke-108 merupakan salah satu upaya alternatif percepatan pembangunan di daerah dalam rangka mengejar ketertinggalan pembangunan di daerah tersebut, sehingga dapat sejajar dengan daerah lainnya.

"Di samping itu juga sekaligus dapat memberikan arti dan manfaat yang besar sebagai sarana perekat bangsa, baik bagi prajurit TNI dan warga masyarakat setempat maupun pemerintah daerah," katanya juga.(Baca juga : Kodam XII Tanjungpura Musnahkan Ribuan Senjata Non Organik )

Menurutnya, hasil pembangunan melalui TMMD ini dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat. Selain itu, melalui TMMD kali ini juga telah menumbuhkan semangat kebersamaan serta kekeluargaan yang harmonis, di antara prajurit TNI dan pemerintah daerah dengan warga masyarakat di sekitar lokasi kegiatan TMMD.

Untuk pembangunan fisik, Kapendam mengatakan, pelaksanaan TMMD di Desa Beringin Rayo, Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang Satgas TMMD Kodim 1203/Ktp telah berhasil membangun beberapa sasaran fisik. Di antaranya, sarana air bersih dan pipanisasi, Rabat Beton 2 titik sepanjang 330 meter serta penerangan jalan umum sebanyak 9 unit dan berhasil merenovasi 3 rumah ibadah.

Untuk di Desa Danti, Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang Satgas TMMD Kodim 1202/Skw telah berhasil membangun dua ruas jalan sepanjang 500 meter dan 3500 meter dengan lebar 3 meter. Kemudian penimbunan jalan sepanjang 1300 meter dan membangun 4 unit jembatan. Sedangkan Satgas TMMD Kodim 1014/Pbn telah berhasil membuat embung, satu unit Pos Terpadu dan satu unit Pos Kesehatan KB.

"Kodam XII/Tpr berharap seluruh hasil pembangunan TMMD dapat dijaga dan dirawat oleh masyarakat. Dan semoga kemanunggalan dan semangat gotong royong yang sudah ada selama TMMD dapat terus dipertahankan," pungkasnya.(Baca juga : Operasi Gabungan TNI Gagalkan Penyelundupan Orang di Perbatasan Entikong)
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)