Gunung Karangetang Erupsi, 47 Orang Dievakuasi

Jum'at, 13 September 2019 - 14:13 WIB
Gunung Karangetang Erupsi, 47 Orang Dievakuasi
Gunung Karangetang Erupsi, 47 Orang Dievakuasi
A A A
JAKARTA - Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro mengevakuasi sedikitnya 16 KK/47 jiwa warga Desa Winangun, Kecamatan Siau Barat Utara, Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara .

Mereka harus dievakuasi ke tempat pengungsian yang berada di Gereja Masehi Injil Sangihe Talaud (GMIST) setelah Gunung Karangetang bererupsi pada Kamis (12/9/2019) pukul 09.49 WITA.

Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo, dalam siaran persnya mengatakan, selain mengevakuasi, TRC BPBD Kabupaten Sitaro juga telah melakukan kaji cepat. Petugas TRC memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang berada pada radius 4 kilometer dari puncak Gunung Karangetang untuk menjauh serta mengimbau warga agar selalu memakai masker.

Pemerintah Kabupaten Sitaro juga telah menyalurkan bantuan berupa kebutuhan pokok kepada para warga yang mengungsi. (Baca Juga: 17 KK Diungsikan Pascaguguran Aktivitas Vulkanik Gunung Karangetang)

Seperti diketahui Gunung Karangetang mengalami peningkatan aktivitas menjadi Siaga pada Level III. Mengenai kerugian masih dalam pendataan dan belum ada laporan korban jiwa.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5707 seconds (0.1#10.140)