Gunung Karangetang Turun Status Waspada, Warga Tetap Dilarang Dekati Kawah

Kamis, 27 April 2023 - 09:20 WIB
loading...
Gunung Karangetang Turun Status Waspada, Warga Tetap Dilarang Dekati Kawah
Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, turun status dari siaga level III, menjadi waspada level II. Foto/Dok. magma.vsi.esdm.go.id
A A A
MANADO - Gunung Karangetang yang ada di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut), turun status dari siaga (level III) menjadi waspada (level II). Langkah penurunan status ini dilakukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian ESDM, dengan memperhatikan potensi ancaman bahaya.



Kepala Badan Geologi, Kementerian ESDM, Sugeng Mujiyanto dalam keterangan tertulisnya mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi aktivitas vulkanik Gunung Karangetang, diturunkan dari level III (siaga) menjadi level II (waspada) terhitung sejak 26 April 2023 pukul 16:00 WITA.



Aktivitas vulkanik Gunung Karangetang dicirikan oleh pertumbuhan kubah lava pada kawah utama maupun kawah utara, karakteristik erupsinya adalah erupsi efusif (leleran lava). Sejak tanggal 8 Februari 2023, Gunung Karangetang mengalami erupsi, sehingga pada saat itu tingkat aktivitasnya dinaikkan dari waspada ke siaga.



Erupsi terjadi dari kawah utama, mengeluarkan leleran lava mengarah ke barat daya dan selatan, mengarah ke kali Beha Barat, Kali Batang, Kali Timbelang, Kali Batuawang, dan Kali Kahetang dengan jarak luncur mencapai sekitar 2.000 meter.

Dari pengamatan visual, gunung dengan ketinggian 1.784 meter di atas permukaan laut tersebut selama periode 1-25 April 2023 umumnya cuaca cerah hingga hujan, kadang tertutup kabut.

Pada saat cerah teramati asap kawah putih dengan intensitas tipis hingga sedang, tinggi kolom asap maksimum mencapai 200 meter di atas puncak, angin lemah hingga kencang ke arah timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya, barat dan barat laut.



"Erupsi efusif teramati hingga 1 April 2023, keadaan guguran sudah tidak tampak lagi, di malam hari pada puncak masih tampak adanya sinar api diam setinggi sekitar 10 meter. Kondisi kawah utara teramati pada malam hari masih tampak adanya api diam di tubuh kubah lava, sementara guguran tidak teramati," ujarnya.

Pada periode pengamatan Rabu (26/4) pukul 00:00-24:00 WITA terekam tiga kali gempa embusan dengan amplitudo 4-15 milimeter dan lama gempa 18-21 detik, 10 kali gempa hybrid/fase banyak dengan amplitudo 4-12 milimeter, S-P tidak teramati dan lama gempa 7-25 detik.

Satu kali gempa vulkanik dalam dengan amplitudo 10 milimeter, S-P 0.7 detik dan lama gempa enam detik, satu kali gempa tektonik lokal dengan amplitudo 75 milimeter, S-P empat detik dan lama gempa 20 detik serta enam kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 5-40 milimeter, S-P 10-20 detik dan lama gempa 41-111 detik.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)