Kesaktian Pangeran Puger Runtuhkan Kegarangan Komandan VOC Kapten Tack

Selasa, 20 Agustus 2024 - 06:01 WIB
loading...
Kesaktian Pangeran Puger...
Gereja Salib Kruiskerk diluar kastil Batavia pada abad ke-17 lokasi Kapten Francois Tack dikebumikan bersama mertuanya Pieter Janse Van Hoorn. Foto/Istimewa/Troven Museum
A A A
VOC Belanda konon harus kehilangan dua perwiranya saat berperang melawan pasukan Untung Surapati. Komandan VOC Kapten Brikman tewas dihantam patrem usai berduel dengan Untung Surapati, sedangkan satu lagi tewas ditusuk pusaka Kerajaan Mataram Kiai Plered.

Untung Surapati berhasil membunuh Brikman saat berduel. Sempat digigit lehernya, Untung Surapati akhirnya memukulkan patrem ke tubuh Brikman hingga tewas. Sebelumnya, Letnan VOC berduel dengan Ebun Jaladria, dari pasukan Kasunanan Kartasura.

Tewasnya Letnan VOC dan Kapten Brikman tentu memicu amarah dari pasukan VOC Belanda. Kapten Tack komandan pasukan satunya langsung mengambil tindakan serangan seporadis ke pasukan Untung Surapati.



Konon serangan ini sempat membuat Untung Surapati dan pasukannya. Menyadari kekuatan Untung Surapati kewalahan dihajar pasukan Kapten Brikman, Sultan Amangkurat II meminta Pangeran Puger dan pasukannya membantu.

Hal itu sebagaimana dikutip dari buku "Untung Surapati Melawan VOC Sampai Mati". Di sini lagi-lagi kejadian di luar logika konon terjadi. Ketika Pangeran Puger yang ditembaki timah panas VOC Belanda tak mempan.

Hal ini tentu menambah kaget VOC Belanda, pasukan Pangeran Puger pun terus maju menyerang pasukan VOC di bawah komando Kapten Tack.



Suatu momen Pangeran Puger akhirnya berhasil menusukkan tombak Kiai Pleret tepat ke dada Kapten Tack yang membuat sang kapten tewas seketika. Sepeninggal Kapten Tack, Pangeran Puger bergabung dengan pasukan Untung Surapati membantai seluruh anggota pasukan VOC.

Alun - Alun Kartasura berubah menjadi kuburan massal bagi tentara VOC yang seluruhnya tewas akibat serangan pasukan gabungan. Kemenangan diraih pasukan Untung Surapati, yang didukung pasukan pimpinan Patih Anrangkusuma, Ebun Jaladria, dan Pangeran Puger.

Keberhasilan ini juga menjadikan Untung Surapati tak jadi ditangkap oleh VOC, sehingga kemenangan ini juga akhirnya dirayakan dengan berpesta pora oleh pihak Kasunanan Kartasura atas hancurnya pasukan VOC.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)