alexametrics

Angin Puting Beliung Hempaskan 50 Pohon dan Bangunan hingga Rusak

loading...
Angin Puting Beliung Hempaskan 50 Pohon dan Bangunan hingga Rusak
Sejumlah pohon tumbang dan menimpa kendaran bermotor akibat tiupan angin puting beliung di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.(foto/SINDOnews/Ist)
A+ A-
ASAHAN - Angin puting beliung menghantam tiga kecamatan di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, pada Rabu (4/9/2019). BPBD Kabupaten Asahan menyebut puluhan pohon tumbang dan sejumlah bangunan mengalami kerusakan, serta dua orang terluka akibat tiupan angin tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Asahan, Khaidir Sinaga mengatakan, sejumlah rumah, perkantoran pemerintahan dan kendaraan bermotor rusak akibat puting beliung yang melanda tiga kecamatan di Kabupaten Asahan. "Tiga Kecamatan di Asahan yang terkena dampaknya, yakni Kecamatan Rahuning, Kecamatan Air Batu dan Kecamatan Kota Kisaran Barat. Jumlah kerugian ditaksir sekitar Rp685 juta," kata Khaidir kepada wartawan Rabu (4/9/2019).

Khaidir menuturkan, di beberapa titik jaringan telekomunikasi dan listrik juga terputus karena tiangnya tumbang. "Tim BPBD Kabupaten Asahan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti PUPR dan Dishub, Perangkat Kecamatan, Lurah, Kades terdampak, instansi vertikal terkait melakukan kaji cepat dampak serta kerusakan di lokasi kejadian. Melakukan evakuasi warga terdampak dan pembersihan pohon tanaman keras yang tumbang," ujarnya.



Dia menambahkan penanganan evakuasi dan pembersihan di titik-titik lokasi mobilitas vital terdampak dilakukan hingga pukul 01.20 WIB dini hari. "Situasi saat ini aman terkendali dan menunggu kaji cepat dampak serta kerusakan yang terjadi lainnya," ucapnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak