Entaskan Kemiskinan, Elly Lasut Sabet Penghargaan PDA 2024

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 17:34 WIB
loading...
A A A
"Kepulauan Talaud itu dalam analisa dan kesimpulan kami akan sangat berpengaruh pada percepatan pembangunan ekonomi di sana dan ini. Tentunya harapan semuanya itu tergantung dari regulasi nah usaha kita untuk meyakinkan pemerintah pusat bahwa di sanalah yang terbaik untuk dilakukan satu kawasan khusus border Trade Area atau kawasan ekonomi khusus yang kemudian akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi," katanya,

Ia juga mengharapkan bahwa semua upaya pembangunan yang dilakukan akan memberikan pengertian pada Bappenas bahwa Kabupaten Kepulauan Talaud itu membutuhkan kebijakan internasional.

Pihaknya kini juga tengah menyiapkan strategi termasuk menyiapkan lahan untuk kawasan ekonomi khusus kurang lebih 500 hektar. Ia juga menyiapkan kawasan pelabuhan, rumah sakit yang juga sudah ada di kawasan itu.

"Kita harapkan bisa direalisasikan maka kita bisa berdagang secara langsung," ucapnya.

Ia juga menyatakan bahwa selama ini sejumlah kerugian dirasakan masyarakat, yang tentunya berdampak pada kemiskinan.

"Sebagai contoh Kabupaten Kepulauan Talaud itu adalah daerah penghasil tuna terbesar di Indonesia berdasarkan data fishin setiap tahun 500 ton. Tetapi kemudian kita harus memasarkan itu secara lokal. Artinya kita harus melakukan perjalanan 12 jam untuk memasarkan tuna yang harganya lebih rendah 100 persen dibandingkan International fish Spot. Dan inilah yang sebenarnya menjadi pencetus bahwa ketika kita 500 ton dikalikan per kg Rp22.000 setiap kali kita kehilangan Maka sangat besar kehilangan uang akibat produksi dari tuna bagi warga masyarakat Talaud," ucapnya.

Untuk itulah ucap Elly, regulasi akan sangat berdampak untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Terkait raihan penghargaan ia menyatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan hasil dari penilaian iNews terhadap langkah-langkah strategis yang diambilnya.

Elly berujar angka kemiskinan di Talaud menurun sangat drastis dari sekitar 10 kini kurang 7,2. "Tadi disampaikan oleh Menteri Azwar Anas, kita adalah salah satu dari dua Kabupaten terendah di Sulawesi Utara 0,14 dan ini merupakan satu bagian dari langkah-langkah yang dilakukan secara terintegrasi bersama-sama dengan warga dan masyarakat bersama pemerintah untuk membangun ekonomi di Kabupaten Talaud dan itu dianggap sebagai satu strategi keluar dari kemiskinan begitu," ucapnya.

Sementara itu, malam ajang Penghargaan Pemimpin Daerah Awards 2024 berlangsung semarak dan disiarkan iNews pada 8 Agustus 2024. Dalam sambutannya, Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo mengatakan bahwa penghargaan ini diberikan dalam rangka memberikan apresiasi kepada kepala daerah. Selain itu juga untuk memotivasi kepala-kepala daerah lainnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)