Wali Kota Solok dan Wali Kota Toyohashi Tandatangani MoU

Selasa, 20 Agustus 2019 - 16:57 WIB
Wali Kota Solok dan Wali Kota Toyohashi Tandatangani MoU
Wali Kota Solok dan Wali Kota Toyohashi Tandatangani MoU
A A A
KOTA SOLOK - Wali Kota Solok Zul Elfian dan Wali Kota Toyohashi Jepang Koichi Sahara menandatangani nota kesepahaman tahap kedua dalam rangka peningkatan layanan penyediaan air bersih di Kota Solok. Penandatanganan digelar di Balaikota Solok, Selasa (20/8/2019).

Wali Kota Toyohashi datang bersama tim, yaitu Masaki Makino, Kazunori Asekawa, Noboyoshi Fujii, Mashiro Ito, serta penterjemah Rudi Darmawan dan Ferdinan. Forkopimda Kota Solok, Dirut PDAM Kota Solok Rabby Luski, LKAAM dan Bundo Kanduang Kota Solok, beserta asisten, dan para kepala OPD di lingkup Pemerintahan Kota Solok.

Wako Solok Zul Elfian seusai penandatanganan menyebutkan, kehadiran rombongan Wali Kota Toyohashi Jepang telah berhasil menambah semangat, inspirasi dan motivasi serta memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Kota Solok, terutama dalam bidang air bersih.

"Penandatanganan MoU ini adalah hal yang sangat berharga bagi Kota Solok dan sangat pantas untuk kami syukuri. Toyohashi adalah salah satu kota besar di Jepang dengan prestasi yang mengagumkan," ujar Zul.

Menurut Zul, pada tahap pertama pihaknya telah melaksanakan kerja fisik, Kota Toyohashi dengan tim teknisnya telah memberikan bimbingan kepada Pemkot Solok, sehingga tenaga teknis di Kota Solok telah memiliki sertifikasi internasional dalam mengelola air bersih ini.

"Sekarang masyarakat Kota Solok telah merasakan manfaat air bersih. Oleh karena itu sudah jarang masyarakat menyampaikan keluhan. Ke depannya, peningkatan kapasitas air bersih sama sampai ke rumah sangat diperlukan, karena perumahan yang meningkat di Kota Solok membuat permintaan air bersih makin meningkat," sebutnya.

Kemarin, rombongan juga sudah meninjau IPAL di KTK dan langsung meminum air olahan Sungai Batang Lembang. Itu adalah bukti keberhasilan kerjasama yang telah kita lakukan selama ini. "Kedepannya, kita tentu mengharapkan air olahan Sungai Batang Lembang sudah bisa menjadi air bersih siap minum," ujar Zul.

Zul Elfian juga mengucapkan terimakasih atas keberhasilan kerjasama tahap pertama, dan hasilnya sudah sama-sama kita rasakan. Terimakasih juga kepada JICA yang telah memfasilitasi kelanjutan kerjasama tahap kedua ini. "Ke depan, kita berharap tidak hanya sektor penyediaan air bersih, namun juga dibidang pertanian, pendidikan dan sektor lainnya. semoga kerjasama kedepan lebih sukses lagi," tambah Zul.

Sementara itu, Wali Kota Toyohashi Koichi Sahara mengatakan, kerjasama kita yang telah dilakukan akan menambah pengetahuan tenaga teknis penyediaan air bersih di Kota Solok. Tentunya, ketersediaan air bersih yang layak minum adalah harapan kita bersama.

Untuk kerjasama tahap kedua, kita akan membawa pihak spesialis untuk hadir menyempurnakan kerjasama ini. "Saya juga mengharapkan seperti kerjasama tahap pertama, seluruh elemen terkait bersama-sama menyukseskan kerjasama tahap kedua ini," sebutnya.

Kami akan berusaha keras bekerja dan mentransfer ilmu. Mari bersama kita menyukseskan kerjasama ini Terimakasih kepada pemerintah Indonesia pada umumnya dan Kota Solok khususnya, semoga kedepan kerjasama kita semakin erat dan tujuan kerjasama kita akan dapat tercapai.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5440 seconds (0.1#10.140)