Kebakaran Lahan di Bukit Pandanan Malaka, Bupati Turun Langsung

Senin, 19 Agustus 2019 - 19:53 WIB
Kebakaran Lahan di Bukit Pandanan Malaka, Bupati Turun Langsung
Kebakaran Lahan di Bukit Pandanan Malaka, Bupati Turun Langsung
A A A
TANJUNG - Bupati Lombok Utara H. Najmul Akhyar mengenai kebakaran lahan yang terjadi kemarin sore hingga malam (18/8/2019) di Bukit Pandanaan dan Bukit Nipah Malaka Lombok Utara menyatakan sampai saat sedang dicari tahu sebab utama kebakarannya. Apakah ada faktor kesengajaan ataukah secara alami.

Bupati Najmul turun langsung ke lapangan sekitar pukul 02.00 WIT dini hari. Pemerintah daerah dipimpin Gubernur NTB, bersama Kapolda NTB, Kapolres Lombok Utara beserta personel BPBD, Dinas Kehutanan, Pol PP Damkar, unsur TNI serta masyarakat, berjibaku memadamkan titik api yang merembet ke areal terdampak.

Dijelaskannya, masih ada empat titik api baru ditemukan dan berupaya dipadamkan sebelum meluas. Bupati juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan ataupun membakar lahan atau sampah sembarangan. Mengingat sekarang cuaca panas, prediksi kekeringan dan angin yang begitu kencang. Dikhawatirkan api bisa meluas ke areal pemukiman warga sekitar.

Sekretaris Desa Malaka Marwan, menyatakan kebakaran baru bisa dipadamkan saat dini hari (19/8/2019), khususnya titik api yang ada di Bukit Pandanan yang terdampak lahan kebakaran mencapai tiga hektare lebih. Upaya terus dilakukan untuk mengantisipasi sekiranya ada titik api lainnya melalui pemasangan spanduk oleh masyarakat dan imbauan bekerja sama dengan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan Lombok Utara.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7920 seconds (0.1#10.140)