Kisah Heroik Tan Peng Nio, Prajurit Wanita Anggota Pasukan Khusus saat Melawan Tentara Belanda

Minggu, 28 Juli 2024 - 07:39 WIB
loading...
Kisah Heroik Tan Peng...
Tan Peng Nio merupakan prajurit wanita anggota pasukan khusus dalam perang melawan penjajah Belanda di wilayah Kebumen, Jawa Tengah pada tahun 1740. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
TAN Peng Nio merupakan prajurit wanita anggota pasukan khusus dalam perang melawan penjajah Belanda di wilayah Kebumen, Jawa Tengah pada tahun 1740.

Keberanian dan kehebatannya dalam peperangan melawan Belanda memuat Tan Peng Nio disebut-sebut mirip dengan tokoh Mulan, seorang pejuang wanita dari China.



Tan Peng Nio merupakan putri dari Jenderal Tan Wan Swee seorang pejabat saat Kaisar Qianlong berkuasa pada 25 September 1711-1799.

Kaisar ini berasal dari Dinasti Qing di China. Sang jenderal melakukan pemberontakan terhadap terhadap kaisar namun berakhir dengan kegagalan.

Usai kudeta gagal, Tan Peng Nio kecil kemudian dititipkan kepada Lia Beeng Goe, seorang ahli pembuat peti mati dan ahli bela diri yang merupakan sahabat ayahnya.

Tan Peng Nio selanjutnya diajak melarikan diri oleh Lia Beeng Goe ke Singapura, dan berlanjut ke Jakarta.



Kisah Mulan Van Java ini dimulai saat Belanda menjajah Indonesia melalui kongsi dagang Hindia Timur Belanda atau Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC).

Tan Peng Nio angkat senjata melawan kebrutalan penjajah Belanda dengan kepanjangan tangan VOC pasca terjadinya Geger Pecinan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2099 seconds (0.1#10.140)