14 Tahun BNPT Jadi Momentum Gelorakan Anti Kekerasan

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:20 WIB
loading...
14 Tahun BNPT Jadi Momentum...
Tenaga Ahli Utama KSP Ridlwan Habib yang menyatakan bahwa keberadaan BNPT membawa pencapaian signifikan dalam upaya penanggulangan terorisme di Indonesia. Foto/Ist
A A A
BOGOR - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) selama 14 tahun telah mencatatkan pencapaian signifikan dalam upaya penanggulangan terorisme di Indonesia.

Salah satu pencapaian yang paling menonjol adalah penurunan indeks terorisme serta minimnya aksi teror dalam dua tahun terakhir.



Hal itu disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ridlwan Habib yang menyatakan bahwa keberadaan BNPT membawa pencapaian signifikan dalam upaya penanggulangan terorisme di Indonesia.

“Kantor staf presiden secara khusus melakukan monitoring terhadap perkembangan dan dinamika harian dari prestasi BNPT. Presiden sangat mengapresiasi pencapaian BNPT, terutama dalam dua tahun terakhir,” ujar Ridlwan di Bogor, Jawa Barat, dikutip Sabtu (17/7/2024).

Dia menjelaskan, indeks penanganan terorisme Indonesia semakin baik, yang dibuktikan oleh penahanan maupun penangkapan terorisme yang berhasil. Masyarakat patut bersyukur bahwa relatif tidak ada aksi teror besar yang terjadi di Indonesia dalam dua tahun terakhir.

Selain itu, Ridlwan menilai BNPT punya peran strategis untuk memastikan tercapainya visi Indonesia Emas 2045. Stabilitas Indonesia dalam menyambut tujuan ideal tersebut perlu didukung oleh penanggulangan radikalisme dan terorisme yang komprehensif, dan hal ini menjadi tugas dari BNPT.



“Peranan BNPT sangat penting dan strategis terutama menghadapi Indonesia Emas 2045. Kita harus memastikan generasi kita moderat dalam beragama, Pancasilais, dan anti terhadap ideologi transnasional,” imbuhnya.

Ridlwan juga mengungkapkan perlunya pemanfaatan artificial intelligence (AI) untuk menyebarkan pesan toleransi dan moderasi beragama. Hal ini berguna untuk pembuatan dan penyebaran konten kontranarasi dengan lebih cepat dan sesuai kondisi terkini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2363 seconds (0.1#10.140)