Program OVOE Diharapkan Mampu Lahirkan Wirausahawan Baru

Jum'at, 12 Juli 2019 - 10:56 WIB
Program OVOE Diharapkan Mampu Lahirkan Wirausahawan Baru
Program OVOE Diharapkan Mampu Lahirkan Wirausahawan Baru
A A A
PASANGKAYU - Program One Village One Entrepreneur (OVOE) yang dicanangkan Pemkab Pasangkayu, dinilai sebagai program progresif untuk pengembangan potensi desa.

Melalui program OVOE ini diharapkan lahir wirausahwan-wirausahawan baru yang mampu mengembangkan potensi sumber daya desa. “Setelah otonomi daerah, desa telah menjadi subyek, artinya desa diberi kewenangan penuh untuk mengelola desanya, dengan dana yang begitu besar. Jelas ini merupakan peluang yang besar bagi desa untuk mengembangkan potensinya dengan menumbuh kembangkan UMKM,” ujar Asisten II Pemkab Pasangkayu Musbar Lasibe saat membuka workshop Bangsa Dewa, Pengembangan Desa dengan Wirausaha, Jumat (12/7/2019).

Program OVOE salah satu program unggulan Bupati Agus Ambo Djiwa yang ingin membangun kabupaten dari desa. Sasaran dari program tersebut bagaimana menciptakan minimal satu wiraswasta tiap desa, yang nantinya bisa menjadi pionir pergerakan UMKM di desa.

Tiap wiraswasta di desa diharapkan mampu memenfaatkan potensi unggulan desa, untuk kemudian dikelola menjadi satu produk khas dan andalan di desa itu.

“Setiap produk khas dari desa-desa itu nantinya kita ekstraksi yang mana betul-betul khas dan belum ada di daerah lain, untuk selanjutnya akan menjadi produk khas kabupaten. Jadi nantinya tiap tamu dari luar datang ada oleh-oleh khas Pasangkayu yang bisa dibawa pulang. Orang luar bisa mengenang Pasangkayu dengan produk khasnya itu,” tegas Musbar.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.6259 seconds (0.1#10.140)