Disdik Fokus Tambah Tujuh SMP Negeri Baru di Makassar

Senin, 24 Agustus 2020 - 09:10 WIB
loading...
Disdik Fokus Tambah Tujuh SMP Negeri Baru di Makassar
Dinas Pendidikan Kota Makassar mulai memetakan rencana penambahan tujuh SMPN baru melalui regruping. Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Dinas Pendidikan Kota Makassar mulai memetakan rencana penambahan tujuh SMPN baru melalui regruping. Sejumlah sekolah dasar yang dinilai tidak layak bahkan sudah ditutup menjadi sasaran. Baca : Tahun Ajaran Baru, Disdik Siap Tambah Ruang Kelas Baru di 10 SMP Makassar

Penambahan SMPN ini memang cukup mendesak. Banyak lulusan SD yang tidak bisa tertampung di sekolah negeri. Perbandingannya cukup jauh, sekitar 9.000 siswa.

Data SINDOnews, saat ini, SMPN di Makassar baru ada 56 sekolah dengan daya tampung 13.806 siswa. Sementara untuk tingkat SD ada 314 sekolah dengan daya tampung 18.865 siswa. Selisihnya masih jauh.

Adapun untuk sekolah swasta, pada tingkat SMP ada 166 sekolah dengan daya tampung 7.752 siswa. Kemudian untuk tingkat SD ada 144 sekolah dengan daya tampung 4.543 siswa.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemkot Makassar , Amalia Malik mengatakan rencana pembentukan sekolah baru terus dimatangkan. Wilayah yang saat ini minim SMPN menjadi skala prioritas. "Jadi ada beberapa kecamatan yang masih minim SMPN. Seperti di Kecamatan Makassar itu baru satu sekolah dan itu kita akan tambah," kata Amelia.

Rencananya, dalam waktu dekat ini pihaknya sudah mulai turun memverifikasi sekolah-sekolah yang akan diregruping. Pasalnya, untuk membangun sekolah baru dianggap masih sulit. "Kita cek dulu, kita coba upayakan SD yang dilebur atau mungkin ada sekolah yang memang sudah ditutup, karena kalau mau bangun baru sulit," paparnya.

Pihaknya juga akan mengevaluasi sekolah baru hasil regruping. Pasalnya masih banyak sekolah baru yang kekurangan siswa. Posisinya dinilai kurang tepat. Sehingga regruping kali ini butuh kajian lebih matang. "Kita akan lihat kenapa belum terpenuhi kuotanya, apakah pada saat pelaksanaan regruping itu ada beberepa sekolah yang tersedia atau seperti apa," ujar Amelia.

Memang, kata Amelia, rencana regrouping ini belum bisa langsung menutupi kekurangan SMPN di Kota Makassar. Namun setidaknya dapat meningkatkan daya tampung siswa di sekolah negeri sekitar 1.000 siswa. "Tidak bisa juga sebenarnya kita tampung semua. Karena kita juga punya sekolah swasta. Hanya memang bedanya kalau di swasta itu ada pembayaran SPP," tuturnya.

Lurah Untia, Alwan Januar berharap rencana pembentukan SMP negeri baru bisa segera terealisasi. Sebab, di wilayahnya, kata dia, sangat jauh dari lokasi SMP negeri. Sehingga kesulitan mengakses jalur zonasi. Baca Juga : Disdik Makassar Diminta Data Siswa yang Tak Tertampung Sekolah Negeri

Selama ini, lulusan SD di wilayahnya banyak yang tak bisa lanjut di sekolah negeri. Rata-rata lanjut di sekolah swasta. "Yang sekolah negeri itu biasanya lulus dari jalur prestasi atau afirmasi," ucapnya. Baca Lagi : Berstatus Zona Merah, Disdik Makassar Tetap Kaji Sekolah Tatap Muka
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)