Pemerintah Kabupaten Flores Timur Percepat Penurunan Stunting

Jum'at, 05 Juli 2019 - 09:18 WIB
Pemerintah Kabupaten Flores Timur Percepat Penurunan Stunting
Pemerintah Kabupaten Flores Timur Percepat Penurunan Stunting
A A A
JAKARTA - Bupati Flores Timur, Antonius H. Gege Hadjon bersama 72 Bupati/Wali Kota se-Indonesia, yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), telah menandatangani Pernyataan bersama komitmen pelaksanaan percepatan pencegahan anak kerdil (stunting).

Penandatangan itu dilakukan pada acara Rapat Koordinasi Teknis Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan, Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Wakil Presiden, berlangsung di Hotel Grand Sahid Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Bupati Anton Hadjon kepada Humas Setda Flores Timur, menjelasakan, Pemerintah Pusat saat ini terus berupaya mencapai target penurunan angka stunting dalam RPJMN 2015-2019 sebesar 28% pada akhir tahun 2019.

Upaya yang dilakukan adalah dengan mendorong peran dan keterlibatan Pemerintah Daerah, khususnya melalui program-program inisiatif daerah. Menurutnya, ke-72 Bupati/Wali Kota se-Indonesia itu telah bersepakat untuk melaksanakan dan mempercepat pencegahan anak kerdil (stunting) di wilayahnya masing-masing.

Adapun isi komitmen bersama itu antara lain melaksanakan pertemuan daerah percepatan pencegahan anak kerdil (stunting) bersama dengan seluruh Organisai Perangkat Daerah, Camat, Kepala Desa dan pihak terkait lainnya. Melakukan aksi konvergensi/integrasi program dan kegiatan yang terkait dengan percepatan pencegahan anak kerdil (stunting) di daerah.

Melakukan pengumpulan dan publikasih data anak kerdil (stunting) serta program-program percepatan yang sudah dilakukan secara berkala, dan menggunakan data sebagai dasar untuk melakukan perbaikan program. Menyusun kebijakan dan melaksanakan kampanye perubahan perilaku dan komunikasi antar pribadi untuk percepatan pencegahan anak kerdil (stunting). Dan meningkatkan peran desa dalam melakukan konvergensi percepatan pencegahan anak kerdil (stunting) di desa.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4900 seconds (0.1#10.140)