Halal bi Halal untuk Membangun Nilai-nilai Kearifan Lokal

Jum'at, 28 Juni 2019 - 14:16 WIB
Halal bi Halal untuk Membangun Nilai-nilai Kearifan Lokal
Halal bi Halal untuk Membangun Nilai-nilai Kearifan Lokal
A A A
PALU - Wali kota Palu, Drs. Hidayat, M.Si didampingi Wakil Wali kota Palu, Sigit Purnomo Said dan Sekretaris Daerah kota Palu, Asri L. Sawayah menghadiri Halal bi Halal kecamatan Tatanga di Lapangan Rusunawa Unisa Palu, jalan Pue Bongo, pada Kamis, (28/6/2019).

Kegiatan yang juga dihadiri para Asisten Setda kota Palu dan para Pimpinan OPD lingkup Pemerintah kota ini mengangkat tema "Dengan Halal bi Halal Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah, Insyaniyah, dan Wathaniyah untuk Membangun Nilai-nilai Kearifan Lokal yang Dilandasi Iman dan Taqwa."

Dalam sambutannya, Wali kota Hidayat menyampaikan bahwa Halal bi Halal Pemerintah kota Palu kali ini merupakan hasil kesepakatan antara dirinya dengan para Lurah dan Camat se-kota Palu. Malam ini, katanya merupakan malam terakhir agenda Halal bi Halal di tiap kecamatan yang telah dilaksanakan sejak tanggal 20 - 27 Juni 2019.

"Dengan terlaksananya kegiatan ini, Pemerintah tidak lagi mengadakan Halal bi Halal tingkat kota Palu di Vatulemo. Dan alhamdulillah semua kecamatan bisa kita laksanakan," ungkap Wali kota.

Wali kota Hidayat mengatakan Halal bi Halal merupakan tradisi umat Islam di Indonesia untuk merajut kebersamaan dan persatuan yang notabene itu tradisi dan karakteristik masyarakat Kaili.

Menurut Wali kota Hidayat, Halal bi Halal sebagai sarana untuk bersilaturahmi, membangun nilai-nilai budaya kekeluargaan, kegotong-royongan dan toleransi sesuai dengan tema pembangunan Pemerintah kota Palu periode 2016-2021 yaitu "Palu Kota Jasa Berbudaya dan Beradat Dilandasi Iman dan Taqwa."

"Mari kita sama-sama membangun kota ini. Hentikan saling hujat menghujat. Kalau kita bersatu, insyaAllah akan lebih cepat lagi menyelesaikan persoalan di kora Palu ini," harap Wali kota.

Di akhir sambutannya, Wali kota Hidayat menyampaikan Minal Aidzin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir Bathin atas nama pribadi, keluarga, dan Pemerintah kota Palu kepada masyarakat kecamatan Tatanga khususnya kelurahan Pengawu.

Adapun pembawa hikmah Halal bi Halal 1440 Hijriah kali ini yaitu Ustad Prof. Dr. Zainal Abidin yang juga merupakan Ketua MUI kota Palu.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4321 seconds (0.1#10.140)