Banjir Melanda Seram Bagian Barat, 1.938 Jiwa Terdampak

Kamis, 11 Juli 2024 - 15:54 WIB
loading...
Banjir Melanda Seram...
Banjir merendam 5 kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku, setelah diguyur hujan deras selama beberapa hari. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Banjir merendam 5 kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku, setelah diguyur hujan deras selama beberapa hari dengan intensitas ringan hingga tinggi sejak Rabu (10/7/2024) pukul 07.00 WIT.

Lima kecamatan yang terendam banjir, yaitu Kecamatan Kairatu, Kecamatan Kairatu Barat, Kecamatan Inamosol, Kecamatan Huamual, dan Kecamatan Huamual Belakang. Ketinggian muka air rata-rata mencapai 50 cm.

Berdasarkan data yang diterima Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) tercatat sebanyak 1.938 jiwa dan 562 rumah terdampak oleh kejadian ini dan juga mengakibatkan 8 warga mengungsi. Banjir juga menyebabkan 1 unit fasilitas kesehatan terendam air dan 3 jembatan antar desa terdampak.



“Kondisi ini membuat akses transportasi dan aktivitas perekonomian dan sosial masyarakat terganggu," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Kamis (11/7/2024).

Menurut laporan peringatan dini yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku, masih berpotensi hujan lebat dengan status waspada hingga hari ini.

BPBD Kabupaten Seram Bagian Barat masih terus melakukan monitoring, pendataan dan berkoordinasi dengan aparat setempat di lokasi terdampak untuk mengantipasi kemungkinan adanya dampak lanjutan yang masih berpotensi terjadi.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)