Gegara Mabuk Kecubung, 44 Remaja Kalsel Terjangkit Sakit Jiwa

Kamis, 11 Juli 2024 - 13:01 WIB
loading...
Gegara Mabuk Kecubung,...
Puluhan remaja Kalimantan Selatan mengalami gangguan jiwa usai mengkomsumsi buah kecubung. Foto/Ilustrasi
A A A
BANJAR - Jumlah pasien yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, terus bertambah setiap harinya. Mereka diduga mengalami keracunan akibat mengkonsumsi buah kecubung.

Hingga saat ini, tercatat sudah ada 44 pasien yang dirawat, dengan dua meninggal dunia.

“Pasien yang rata-rata adalah remaja ini mengalami halusinasi dan kondisi fisik yang sangat lemah,” kata Plt Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum, Yuddy Riswandhy, Kamis (11/7/2024).



Menurut dia, dua orang di antaranya telah meninggal dunia diduga setelah mengkonsumsi buah kecubung. Pasien yang dirawat berasal dari berbagai daerah, termasuk Kabupaten Banjar, Batola, Banjarbaru, Hulu Sungai Selatan, Kapuas, dan Banjarmasin.



Yuddy menjelaskan bahwa efek dari konsumsi kecubung termasuk halusinasi berlebihan, terutama jika dosisnya tidak terkontrol. Penanganan terhadap pasien yang kecanduan kecubung bervariasi, tergantung pada tingkat keparahannya.

”Hingga saat ini, pihak Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum masih terus berupaya untuk membantu merawat para pasien yang jumlahnya terus bertambah setiap harinya. Kondisi ini sangat memprihatinkan,” tegasnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2417 seconds (0.1#10.140)