Kisah Epik Abdi Kerajaan Singasari Lindungi Gayatri Rajapatni dari Serangan Kediri

Rabu, 10 Juli 2024 - 07:11 WIB
loading...
A A A
Gayatri tetap bersikeras mengenakan busana laki-laki, karena begitulah yang dilakukan pahlawannya Candra Kirana dalam kisah Panji. Namun, akhirnya ia menyadari bahwa nasehat sang pelayan adalah yang terbaik.

Yang harus dilakukannya sekarang adalah mencari tempat persembunyian aman, sampai ia berhasil mendapatkan informasi tentang berapa banyak sekutu ayahnya yang masih hidup, lalu mengajak mereka bekerjasama untuk memulihkan kekuasaan sang ayah.

Dengan nama barunya, Ratna Sutawan ditemani seorang abdi setia, Gayatri menanti nasibnya. Para penyerbu lantas memutuskan bahwa semua orang yang tertangkap di lingkungan istana digiring ke Daha, Ibu Kota Kediri dan kampung halaman Jayakatwang.

Awalnya, ia mengira tempat tinggal barunya ini adalah neraka, namun ternyata mereka berada di bawah yurisdiksi bangsal perempuan Keraton Kediri, yang memperlakukan mereka dengan baik. Bahkan, Ratu Kediri pun menaruh perhatian.

Diperkenalkannya Gayatri pada putri raja Kediri, yang ternyata seumuran dan menyambut ramah Gayatri. Mereka tak pernah mempertanyakan lebih jauh asal- usul Gayatri. Demikianlah Gayatri bersembunyi di wilayah musuh, seraya menanti kemunculan "Pangeran Panji".
(ams)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)