alexametrics

BMKG Prediksi Hingga Lebaran Sulut Berpotensi Hujan

loading...
BMKG Prediksi Hingga Lebaran Sulut Berpotensi Hujan
BMKG Prediksi Hingga Lebaran Sulut Berpotensi Hujan
A+ A-
MANADO - Beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hingga saat ini dilanda hujan. BMKG merilis berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada di wilayah Minahasa Utara (Bagian Utara), Minahasa Selatan (Bagian Barat dan Utara), Bolmong (Bagian Utara), Bolmong Utara (Bagian Utara), Bolmong Timur (Bagian Timur dan Selatan), dan Kep, Sitaro (Bagian Selatan).

Hujan diprrkirakan dapat meluas ke wilayah Manado, (Seluruh Wilayah), Bitung (Seluruh wilayah), Minahasa Utara (Seluruh Wilayah), Tomohon (Seluruh Wilayah), Minahasa (Seluruh Wilayah), Minahasa Tenggara (Bagian Timur dan Selatan), Kotamobagu (Seluruh Wilayah) dan Bolmong Selatan (Bagian Timur dan Selatan). Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 16.30 Wita.

Deputi Bidang Meteorologi R. Mulyono R. Prabowo mengingatkan para pemudik untuk tetap mewaspadai potensi cuaca buruk saat mudik Lebaran 2019. Menurutnya, berdasarkan pantauan kondisi atmosfer terkini, terdapat indikasi peningkatan kelembapan atmosfer di wilayah Indonesia. Pemicu utama yang menyebabkan hal tersebut adalah aktivitas gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) yang mulai memasuki wilayah Samudera Hindia (Kuadran 2).



Kondisi ini dapat menimbulkan adanya daerah pusaran angin, pertemuan angin, dan perlambatan kecepatan angin yang berpotensi menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. “Diprakirakan pada periode tanggal 1-5 Juni 2019 potensi terjadi hujan lebat, terjadi beberapa tempat, antara lain termasuk di Sulawesi Utara,” ujarnya.

Daeah lainnya teramasuk Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, dan Papua. “Selain potensi hujan lebat, diprakirakan juga ada potensi angin kencang di beberapa wilayah.”ingatnya.

Menurut dia, masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem tersebut seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, serta potensi gangguan transportasi laut akibat angin kencang dan gelombang tinggi.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak