Viral, Video Aksi Pemuda Garut Cabut Paksa Bendera Merah Putih

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 20:19 WIB
loading...
Viral, Video Aksi Pemuda Garut Cabut Paksa Bendera Merah Putih
Kamera CCTV merekam aksi tak terpuji seorang pemuda di Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, mencabut paksa bendera merah putih. Foto/Tangkapan Layar Video Viral
A A A
BANDUNG - Sebuah video pendek berdurasi sekitar 24 detik, merekam aksi seorang pemuda di Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat , mencabut paksa sehelai bendera merah putih di depan salah satu rumah warga.

Dalam video terlihat, tiga pemuda mengenakan kopiah, celan pendek, dan sarung berjalan di trotoar. Saat mendapati sehelai bendera merah putih terpasang di tiang, salah seorang pemuda mencabut paksa bendera tersebut.

Sementara, dua pemuda lain, tak mengingatkan atau melarang temannya mencabut bendera. Adegan selanjutnya tak terlihat karena kamera CCTV hanya mengarah ke depan jalan sehingga sisi kanan tak terlihat.

Belum diketahui motif di balik aksi tak terpuji pemuda itu. Yang pasti, video tersebut viral di media sosial tiga hari terakhir. Tak sedikit warganet yang mengecam aksi pemuda tersebut. (BACA JUGA: Gubernur, Pangdam, Kapolda Disuntik Vaksin Sinovach 25 Agustus 2020 )

Sementara itu, informasi yang diperoleh menyebutkan, aksi pencabutan bendera merah putih tersebut terjadi pada Kamis (20/8/2020) lalu sekitar pukul 03.37 WIB. Bendera yang dicabut pelaku dan terekam kamera CCTV adalah milik H Sobari (65), warga Kecamatan Wanaraja. (BACA JUGA: KSAD dan Wakapolri Turun Tangan Rancang Strategi Hadapi COVID-19 di Jabar )

Jumlah bendera yang dicabut pelaku ternyata tidak hanya milik H Sobari. Setidaknya tiga bendera yang dipasang untuk memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI itu, dicabut oleh pelaku. (BACA JUGA: Bripda Pol Carollina, Polwan Cantik MC Utama HUT ke-75 RI di Istana Negara )

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A Chaniago mengatakan, pihak Polres Garut tengah menyelidiki aksi pencabutan bendera merah putih di Wanaraja, Kabupaten Garut tersebut.

Kombes Pol Erdi mengimbau masyarakat, terutama warga Kabupaten Garut agar tenang dalam menyikapi aksi pencabutan bendera itu. Yang pasti, kasus itu jadi atensi dan sedang ditangani Polres Garut.

"Masyarakat diimbau tetap tenang. Kasus ini sudah ditangani serius dari kami, Polda Jabar dan Polres Garut," kata Kombes Pol Erdi kepada wartawan melalui sambungan telepon, Sabtu (22/8/2020).

Erdi mengemukakan, Polda Jabar turut membantu Polres Garut untuk mengungkap kasus tersebut dan menangkap pelaku. "Mohon waktunya. Kami sedang melakukan penyelidikan," ujar dia dia.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3215 seconds (0.1#10.140)