Taruna AAL Pelajari Navigasi Astronomi dari Atas KRI Dewaruci

Selasa, 28 Mei 2019 - 20:48 WIB
Taruna AAL Pelajari Navigasi Astronomi dari Atas KRI Dewaruci
Taruna AAL Pelajari Navigasi Astronomi dari Atas KRI Dewaruci
A A A
SURABAYA - 40 Taruna tingkat II Korps Pelaut Angkatan ke-66 berlayar bersama KRI Dewaruci untuk melaksanakan latihan dan Praktek (Lattek) Navigasi Astronomi. Para taruna ini bersama 11 Anggota Tetap (Antap) AAL berlayar dengan rute dari Surabaya menuju Makasar dan kembali lagi ke Surabaya.

Kepala Departemen Pelaut (Kadeppel) AAL Kolonel Laut (P) Hreesang Wisanggeni mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bekal bagi para Taruna dalam mengindetifikasi benda angkasa sebagai referensi penentu posisi kapal yang baik dan benar serta dapat menunjukkan benda angkasa sesuai peta bintang dengan baik dan benar.

Dia berharap, setelah mengikuti lattek para Taruna terampil menggunakan Sextant, mengerjakan penghitungan-penghitungan astronomi serta melihat posisi kapal di peta Mercator sesuai penghitungan dengan baik dan benar.

"Diharapkan dapat diaplikasikan dalam kedinasan, khususnya sebagai Perwira Divisi Navigasi di Kapal Perang RI (KRI),"katanya seusai upacara penutupan Lattek di gedung Bawean Departemen Pelaut AAL, Bumimoro Surabaya, Selasa (28/5/2019).

Kolonel Laut (P) Hreesang Wisanggeni berharap, para taruna selalu berlatih dengan kemampuan yang telah didapatkan selama Lattek dan tidak henti mengisi dengan ilmu pengetahuan. "Sebagai calon Perwira mampu beradaptasi di tengah kemajuan teknologi yang begitu pesat,"ujarnya.

Pada pelaksanaannya di lapangan, Lattek Navigasi Astronomi dipimpin oleh Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Mayor Laut (P) Reynold Steven Langitan. Para Taruna AAL telah melaksanakan rangkaian kegiatan, di antaranya promosi ke sekolah-sekolah SMA setempat dan melaksanakan courtesy call ke instansi resmi militer dan sipil setempat guna menambah wawasan para Taruna.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3854 seconds (0.1#10.140)