Diduga Terpapar Paham Radikal, Oknum Polwan Malut Diamankan Polda Jatim

Senin, 27 Mei 2019 - 13:30 WIB
Diduga Terpapar Paham Radikal, Oknum Polwan Malut Diamankan Polda Jatim
Diduga Terpapar Paham Radikal, Oknum Polwan Malut Diamankan Polda Jatim
A A A
SURABAYA - Polda Maluku Utara (Malut) hari ini, Senin (27/5/2019) berencana menjemput Nesti Ode Samili, anggota polisi wanita (polwan) di Polda Jatim. Perempuan berpangkat Bripda dan bertugas di Kesatuan Bintara Ditreskrimum Polda Malut diduga mengikuti aliran radikal. Saat ini, Polda Jatim masih secara intensif melakukan pemeriksaan terhadap Nesti.

Sebelumnya, anggota Polda Jatim mengamankan Nesti saat tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya sekitar pukul 13.00 WIB, Minggu (26/5/2019). Nesti berangkat dengan maskapai Lion Air sekitar pukul 09.00 WITA. Setibanya di Bandara Internasional Juanda, dia menggunakan nama samaran, Arfila M Said.

Saat dimintai keterangan petugas, tujuannya ke Kota Surabaya hanya untuk berbelanja. Nesti juga mengaku memiliki kerabat yang tinggal di Sidoarjo. "Polda Jatim hanya menjalankan instruksi yang diminta pihak Polda Maluku Utara untuk mengamankan (Nesti). Polda Maluku Utara yang nangkap, kami cuma mengamankan," katanya.

Barung membantah jika anggota Polwan yang diamankan itu terkakit paham radikal. Sebab, dalam perkara ini pihaknya hanya mengamankan. Sementara pemeriksaan merupakan wewenang Polda Maluku Utara. "Karena proses pengamanan (terhadap Nesti) baru kemarin siang dilakukan, kami belum belum bisa memaparkan lebih detail mengenai sosoknya," ujarnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5745 seconds (0.1#10.140)